Apapun yang ada di dunia ini sifatnya selalu berpasangan, siang-malam, panas-dingin, hitam-putih, serta pria-wanita. Semua hal tersebut memang sudah dikodratkan berbeda. Sebab, tidak ada hitam jika putih tidak ada, dan juga tidak akan ada wanita, jika pria tidak ada.
 
Lantas, walau dikatakan makhluk yang paling tinggi derajatnya dari makhluk lain, tidak menjadikan pria dan wanita memiliki potensi akal yang sama. Mereka (pria dan wanita) memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika diketahui secara umum bahwasanya pria memiliki fisik yang lebih kuat sehingga sudah menjadi tugas pria melindungi wanita yang lemah dan lembut. Lalu, apakah kelebihan dan kekuatan seorang wanita?
 
Jawaban terbaik adalah Akal dan Naluri! Ditarik dari beberapa sumber, dijelaskan bahwa naluri (insting)  dan logika wanita sangatlah kuat dan mampu mengalahkan pria. Kita ambil contoh seorang Ibu, naluri Ibu terhadap anaknya pasti lebih jitu bila dibandingkan naluri Ayah kepada anaknya. Ya, itu hanya contoh kecil yang dapat menjelaskan bagaimana kekuatan akal seorang wanita. Jadi, sepandai-pandai pria menyembunyikan sebuah rahasia, pasti akan mudah diketahui oleh wanita. Sebaliknya, pria sangat sulit menebak apa isi hati serta rahasia wanita. Sebab, hati wanita seluas dan sedalam samudera, tidak ada yang bisa mengarunginya kecuali dirinya sendiri.
 
Hal tersebutlah yang menjadi kekuatan bagi seorang wanita sehingga ia mampu berdiri tegak walau fisiknya lemah dan tak sekuat pria. Banyak juga kasus terjadi pada kalangan remaja, yaitu wanita terbukti lebih mudah untuk “move on”. Saat seorang pria tidak bisa melupakan bayang-bayang dan kenangan masa lalu, wanita begitu mudahnya untuk menata ulang semua yang telah hancur. Walau tidak sepennuhnya tertata, tapi seorang wanita sangat mudah mengubah dirinya seolah tak terlihat sedang hancur.
 
Jadi, sebagai seorang pria seharusnya tidak membohongi wanitanya dalam hal apapun, walau sedang dilanda masalah, harus diceritakan dan berbagi kepada wanita sebab wanita adalah pemilik solusi terbaik dari berbagai solusi. Terlebih lagi jika harus menyembunyikan perasaan, itu adalah hal yang sangat sia-sia sebab wanita akan mengetahuinya.

Penulis : Maulana Affandi

Comments

comments