Pengertian Antropologi

Antropologi adalah suatu studi ilmu yang mempelajari tentang manusia baik dari segi budaya, perilaku, keanekaragaman, dan lain sebagainya. Antropologi adalah istilah kata bahasa Yunani yang berasal dari kata anthropos dan logos. Anthropos berarti manusia dan logos memiliki arti cerita atau kata. Objek dari antropologi adalah manusia di dalam masyarakat suku bangsa, kebudayaan dan prilakunya. Ilmu pengetahuan antropologi memiliki tujuan untuk mempelajari manusia dalam bermasyarakat suku bangsa, berperilaku dan berkebudayaan untuk membangun masyarakat itu sendiri.

Macam-Macam Jenis Cabang Disiplin Ilmu Anak Turunan Antropologi :

  1. Antropologi Fisik
  2. Paleoantrologi adalah ilmu yang mempelajari asal usul manusia dan evolusi manusia dengan meneliti fosil-fosil.
  3. Somatologi adalah ilmu yang mempelajari keberagaman ras manusia dengna mengamati ciri-ciri fisik.
  4. Antropologi Budaya
  5. Prehistori adalah ilmu yang mempelajari sejarah penyebaran dan perkembangan budaya manusia mengenal tulisan.
  6. Etnolinguistik antrologi adalah ilmu yang mempelajari suku-suku bangsa yang ada di dunia/bumi.
  7. Etnologi adalah ilmu yang mempelajari asas kebudayaan manusia di dalam kehidupan masyarakat suku bangsa di seluruh dunia.
  8. Etnopsikologi adalah ilmu yang mempelajari kepribadian bangsa serta peranan individu pada bangsa dalam proses perubahan adat istiadat dan nilai universal dengan berpegang pada konsep psikologi.

Baca juga : Pengertian Hegemoni dalam Ruang Lingkup Sastra

Di samping itu ada pula cabang ilmu antropologi terapan dan antropologi spesialisasi. Antropologi spesialisasi contohnya seperti antropologi politik, antropologi kesehatan, antropologi ekonomi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tujuan antropologi

Selain manfaat antropologi yang memiliki bnayak manfaat, ilmu antopologi ini juga memiliki tujuan jika di pelajari. Berikut ini tujuan mempelajari ilmu antropologi :

  • Mengetahui unsur kemanusiaan secara keseluruhan

Unsur kemanusiaan secara keseluruhan sangat penting untuk diketahui karena tujuan dari ilmu antropologi ini. Sebagai makhluk sosial manusia hidup secara bermasyarakat dan tidak bisa hidup sendiri-sendiri. Disini peran orang lain untuk membantu kita sangat penting karena manusia merupakan makhluk sosial.

  • Prinsip-prinsip perilaku tiap masyarakat diketahui lebih jelas dan terbuka

Ilmu antropologi ini juga menfokuskan pembahasan dan penelitiannya terhadap prinsip tiap masyarakat. Penelitian diambil secara langsung sehingga hasil dari penelitian ini bisa dijadikan dasar ilmu pengetahuan. Penelitian ini lebih jelas dan rinci membahas perilaku setiap mansyarakat dan terbuka . Terbuka untuk di jelaskan pada orang – orang yang juga tertarik dengan ilmu antropologi ini.

  • Memahami tata cara kehidupan suatu masyarakat dari zaman dahulu sampai zaman sekarang

Tatanan kehidupan masyarakat yang hidup di zaman dahulu sangat berbeda dengan zaman sekarang, zaman yang modern. Di zaman dahulu segala teknologi belum seperti sekarang sehingga untuk berkomunikasi memang hanya tatap mata saja. Sehingga saat itu pergaulan yang ada di zaman dahulu hanya sebatas kelompok yang tinggal berdekatan saja. Di zaman sekarang manfaat it teknologi banyak membantu komunikasi. Macam – macam alat komunikasi dan manfaatnya dapat digunakan secara maksimal. Dari jarak jauhpun masih bisa terhubung untuk melakukan komunikasi.

Comments

comments