Pernikahan memang bisa disebut sebagai ikatan berbahagia bagi setiap pasangan yang sudah bercumbu dalam jalinan cinta. Kebahagiaan yang muncul memberikan efek baik yang sangat bermanfaat dalam mendewasakan diri. Menikah bukanlah akhir dari kisah perjalanan cinta seseorang, melainkan awal dimulainya kehidupan nyata dalam hubungan percintaan.

Namun, dalam pernikahan pun tidak selamanya menemui kebahagiaan. Kadang kala pasangan akan dibenturkan dengan berbagai masalah yang tentunya mengancam keretakan rumah tangga. Tidak setiap pasangan suami istri mampu bertahan dengan jangka waktu panjang dikarenakan masalah tersebut. Tentunya hal tersebut menjadi sebuah polemik yang harus diantisipasi sedini mungkin.

Untuk itu, berikut adalah tips yang bisa dilakukan untuk menjaga pernikahan agar tetap awet.

1. Merawat Cinta, Jangan Biarkan Layutips-menjaga-pernikahan-1-sastrawacana

Kebanyakan orang hanya mampu mendapatkan tanpa mampu mempertahankan. Memang benar, mempertahankan sesuatu yang sudah didapatkan ternyata lebih sulit. Seperti mendapatkan cinta dari seseorang. Dalam pernikahan, banyak sekali problem-problem yang mengakibatkan tragedi perceraian. Namun, ada sebuah alasan perceraian yang sangat disayangkan, yaitu rasa cinta yang memudar. Perlu diketahui, cinta itu ibarat bunga yang perlu kita rawat. Semakin sering kita rawat dengan bumbu kemesraan, semakin mewangi pula mekarnya. Sebaliknya, jika kita tidak pandai-pandai merawat bunga tersebut, maka bunga itu akan layu tak berseri lagi. Jadi, cinta memang perlu dirawat agar tidak berkurang kadarnya. Cara merawatnya pun berbeda dari setiap orang, tergantung karakter masing-masing.

2. Berikan sesuatu yang berbeda atau improvisasitips-menjaga-pernikahan-2-sastrawacana

Hal yang sepele tapi sangat berpengaruh pada hubungan yaitu memberikan sesuatu yang berbeda kepada pasangan kita secara berkala. Jika pasangan kita tergolong orang yang bersifat introvert, maka pada kondisi tertentu berikan ia waktu luang untuk dirinya sendiri. Karena dia juga butuh waktu istimewanya seorang diri seperti membaca buku, memanjakan diri, atau beristirahat dengan nuansa berbeda. Begitu juga bila pasangan kita merupakan orang yang suka dengan dunia luar, ajak dia berpetualang untuk menikmati keindahan alam sesuai dengan seleranya. Dengan begitu, moodnya meningkat dan otomatis menjadikan kita sebagai orang yang sangat pengertian di benaknya.

3. Menjadikan Perbedaan Menjadi sebuah Kesimpulantips-menjaga-pernikahan-3-sastrawacana

Perbedaan merupakan sebuah kewajaran karena setiap orang memiliki cara berpikir masing-masing. Tapi, perbedaan sering dijadikan alasan bagi pasangan yang berpisah. Sangat disayangkan, padahal dengan adanya perbedaan akan mendapat sebuah kesimpulan. Bagi kalian yang mengalami perbedaan pendapat dalam rumah tangga, jangan biarkan perbedaan itu menggerogoti harmonisnya hubungan kalian. Semua pasti ada solusi dan jalan keluarnya. Kalau ditelaah lagi, sebenarnya perbedaan itu akan menghasilkan sebuah ide baru yang sangat cemerlang asal setiap pihak mampu bersikap dewasa dalam menanggapi perbedaan tersebut.

4. Jaga Komunikasi

tips-menjaga-pernikahan-4-sastrawacana

Ini Penting dan tidak dapat disepelekan. Sudah menjadi tren masa kini, pasangan suami dan istri jarang bertemu dikarenakan sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Tapi perlu diingat, bagaimanapun juga keluarga adalah hal yang tidak boleh dinomorduakan dengan alasan apapun, tak terkecuali pekerjaan. Kendati aktivitas kantor yang sangat padat, sempatkan untuk menghubungi pasangan walau sekedar basa-basi. Terlihat sepele, tapi sangat besar manfaatnya. Dengan menjaga komunikasi, maka akan memperkuat sebuah ikatan. Selain itu, berkomunikasi dengan pasangan juga mampu memberikan energi positif yang baik untuk aktivitas yang melelahkan di kantor.

Comments

comments