Dunia pekerjaan memang dipenuhi dengan berbagai macam dilema dan problema. Sampai-sampai dikatakan bahwa dunia kerja adalah dunia yang paling kejam. Sebab, sering terjadi, antar sesama karyawan saling menjatuhkan demi mendapatkan posisi yang diinginkan.

Padahal, untuk mendapatkan prestasi dan karir yang gemilang bisa dilakukan dengan cara yang sehat, tapi faktanya begitu banyak karyawan malah melakukan hal yang tidak baik dan merugikan karyawan lainnya. Tujuan mereka melakukan tindakan-tindakan kotor itu adalah demi mendapatkan simpati dari si pemilik perusahaan atau bos hingga akhirnya mendapatkan jabatan yang diiginkan.

Bagi kamu yang bekerja sebagai karyawan sebuah perusahaan, sebaiknya tidak melakukan hal-hal curang demi mendapatkan hati bos. Lakukanlah beberapa tips sehat berikut.

1. Tekun

Dalam sebuah perusahaan, terdapat beberapa karyawan yang memiliki sifat dan karakter berbeda. Ada yang rajin ada pula yang malas. Ada yang mengandalkan otak ada pula yang mengandalakan otot. Biasanya mereka yang bersaing adalah karyawan yang sekategori, misal sama-sama mengandalkan otak atau sama-sama mengandalkan otot.

Untuk mendapatkan hati si bos, alangkah baiknya kita menjadi pribadi dan karyawan yang tekun. Tidak pernah mengeluh dan selalu mengerjakan pekerjaan sesuai dengan jobdesk masing-masing. Apalagi kita bisa memberikan hal lebih kepada perusahaan, tentunya si bos akan melirik kita. Contoh saat bos memberikan 10 tugas dalam sehari, tapi karena ketekunan kita bisa memberikan lebih dari 10. Tentunya hal tersebut akan memberikan nilai lebih di mata bos. Jadi, usahakan menjadi karyawan yang tekun, memberikan sesuatu lebih kepada perusahaan.

2. Jujur

Hal ini yang perlu diingatkan berkali-kali karena teramat sangat penting. Dalam hal apapun, dunia kerja maupun bermasyarakat, kejujuran adalah hal yang tidak bisa ditawar. Jujur dalam dunia kerja bukan hanya dikatakan sebagai jujur dalam ucapan, tapi juga bisa dikatakan sebagai jujur dalam mengelola waktu maupun jujur dalam mengerjakan tugas. Kejujuran adalah awal dari meraih kesuksesan.

Beberapa pemilik perusahaan pernah berkata bahwa bukan skill yang paling utama, melainkan kejujuran. Sebab, skill dapat diupgrade saat bekerja tapi jika kejujuran? Sangat susah menjadi pribadi yang dipercaya jika seudah pernah melakukan kebohongan, terlebih berbohong kepada bos. Pemilik perusahaan sangat mengetahui apakah karyawannya jujur atau berbohong sebab sebelum menjadi bos, dia sudah pernah merasakan menjadi karyawan. Jadilah pribadi yang jujur guna mendapatkan simpati dari bos maupun rekan sekantor.

3. Kreatif

Apa yang dapat membuat perusahaan tetap bertahan dan tumbuh berkembang? Jawaban paling bijak adalah kreativitas. Semua hal ada masanya, begitu juga dengan perusahaan. Jika tetap monoton tanpa ada invoasi-inovasi terbaru, posisi perusahaan tersebut akan terancam dengan perusahaan lainnya yang terus melakukan terobosan baru. Maka dari itu jadilah karyawan yang selalu memiliki kreativitas tinggi guna memajukan progres perusahaan.

Bos akan menilai setiap karyawannya, mana yang penuh ide dan mana yang hanya diam di tempat tanpa memiliki ide-ide cemerlang. Semakin kreatif seorang karyawan, akan semakin disayang oleh pemilik perusahaan. Sebab, pemilik perusahaan yang susah payah mendirikan usahanya tidak akan rela jika usahanya harus anjlok hanya dikarenakan karyawan yang tidak kreativ. Jadi, perbanyaklah ilmu dengan membaca agar otak kita selalu memiliki ide-ide cemerlang demi kemajuan kinerja perusahaan.

Penulis : Maulana Affandi

Comments

comments