Secara bahasa, kata etnografi merupakan istilah yang berasal dari Bahaya Yunani ‘ethos’ yang artinya deskripsi mengenai orang, suku, bangsa yang diuraikan dengan tulisan. Kemudian, secara harfiah bisa disebut bahwa etnografi adalah budaya dalam perspektif keilmuan.

Istilah etnografi sendiri adalah sub cabang dari antropologi, yang artinya lahir dan merupakan embrio dari keilmuan antropologi. Diperkirakan bidang kajian ini lahir pada tahun 1800-an manakalah masa kerajaan di Indonesia yang sedang berupaya dalam memperebutkan daerah kekuasan serta hasil alam, berupa rempah-rempah.

Namun, ada peranan dan maksud lain dari kelahiran etnografi sendiri. Seperti definisi etnografi para ahli berikut ini.

Michael H. Agar (1986:12-24) memberikan tawaran baru tentang penelitian etnografi dengan dilandasi oleh pemikiran fenomenologi, mengutip pendapat Giddens (1976), adalah inti dari proses mediasi kerangka pemikiran . “hakikat dari suatu mediasi tertentu akan bergantung dari hakikat tradisi dimana terjadi kontak penelitian lapangan”.

Charles Winnick (1915:193) mendefinisikan etnogarafi etnogarafi sebagai the study of individual cultures, it is primarily adescriptvie and non interpretative study.

Roger M. Keesing (1989:250) mendefinisikan etnogarafi sebagai pembuatan dokumentasi dan analaisis budaya tertentu dengan mengadakan penelitian lapangan. Artinya dalam nmendefinisikan suatu kebudayaan seorang etnografer (peneliti etnografi) juga menganalisis.

Richards dkk, (1985) Etnografi adalah kajian tentang kehidupan dan kebudayaan suatu masyarakat atau etnik, misalnya tentang adat-istiadat, kebiasaan, hukum, seni, religi, bahasa. Bidang kajian vang sangat berdekatan dengan etnografi adalah etnologi, yaitu kajian perbandingan tentang kebudayaan dari berbagai masyarakat atau kelompok

Wolcott (1977) menjelaskan, etnografi adalah suatu metode khusus atau satu set metode yang didalamnya terdapat berbagai bentuk yang mempunyai karakteristik tertentu, termasuk partisipasi etnografer, memahami dan mengikuti kehidupan sehari-hari dari seseorang dalam periode yang lama, melihat apa yang terjadi, mendengarkan apa yang dikatakan, bertanya kepada mereka, dan pada kenyataannya mengumpulkan data apa saja yang ada.

Comments

comments