Iklan: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, Jenis dan Contohnya

Pengertian Iklan
Pengertian Iklan Secara Umum

Iklan adalah sebuah pesan atau informasi yang membujuk serta mendorong orang agar tertarik terhadap sebuah barang atau jasa yang sedang ditawarkan.

Ada begitu banyak media promosi untuk menampilkan iklan, seperti televisi, radio, surat kabar, koran, media online, media sosial, platform internet, dan masih banyak lagi.

Namun, iklan juga tidak melulu digunakan untuk menjual barang atau jasa. Iklan juga sering digunakan untuk mengajak masyarakat agar melakukan sesuatu yang bemanfaat.

Misalnya iklan pemerintah yang mengingatkan dan mengajak masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

A. Rachmat Kriyantono

Iklan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan melalui suatu media, dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal serta ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. .

B. Rhenald Kasali

Iklan adalah pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media.

Tujuan dan Manfaat Iklan

Iklan ditayangkan tentu saja memiliki tujuan dan manfaat. Adapun tujuan dan manfaat iklan adalah sebagai berikut:

  • Memberikan Informasi (Informing)
  • Membujuk (Persuading)
  • Mengingatkan (Reminding)
  • Memberikan nilai tambah (Adding Value)
  • Menciptakan citra yang baik.
  • Meyakinkan masyarakat.
  • Mensosialisasi konsumen tentang spesifikasi suatu produk.
  • Meningkatkan pendapatan atau penjualan.

Ciri-Ciri Iklan

Adapun ciri-ciri iklan sebagai berikut:

  • Menggunakan kata-kata yang menarik dan unik.
  • Menggunakan kata-kata yang mampu menghipnotis orang.
  • Menggunakan kata-kata yang mudah diingat.
  • Menggunakan kata-kata yang menyentuh emosional orang.
  • Menonjolkan kelebihan dari produk yang sedang diiklankan.

Jenis-Jenis Iklan

Ada begitu banyak jenis-jenis iklan saat ini. Berikut diantaranya:

A. Iklan Penawaran / Iklan Niaga

Iklan penawaran atau iklan niaga adalah sebuah jenis iklan yang digunakan untuk mendorong minat masyarakan agar membeli atau menggunakan barang serta jasa yang sedang ditawarkan.

Contoh iklan niaga adalah iklan makanan, iklan pakaian, iklan properti, iklan jasa SEO, iklan jasa penulisan, dan sebagainya.

B. Iklan Pengumuman

Iklan pengumuman biasanya digunakan oleh instansi atau lembaga untuk menarik perhatian masyarakat tentang sebuah peristiwa yang terjadi. Contoh iklan pengumuman adalah iklan reuni sekolah, iklan berita duka, dan sebagainya.

C. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat adalah bentuk informasi yang tujuannya bermanfaat bagi khalayak ramai dan mengajak untuk bersama-sama berpartisipasi.

Contoh iklan layanan masyarakat adalah iklan larangan narkoba, iklan kebersihan lingkungan, iklan kesehatan, dan sebagainya.

Iklan Berdasarkan Media Promosi

A. Iklan Elektronik

Iklan elektronik adalah adalah iklan yang ditayangkan melalui media elektronik seperti televisi, radio, dan internet.

B. Iklan Cetak

Iklan cetak adalah iklan yang ditayangkan melalui media cetak seperti majalah, koran, tabloid, surat kabar, dan sebagainya. Jenis iklan cetak dibedakan menjadi 2 bentuk, yakni iklan baris dan iklan kolom.

C. Iklan Advertorial

Iklan advertorial adalah jenis iklan yang dikemas dengan bentuk berita dengan gaya penulisan jurnalistik.

D. Iklan Display

Iklan display memiliki ukuran yang besar pada gambar.

Itulah pengertian iklan secara umum dan pengertian iklan menurut para ahli lengkap dengan struktur serta contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Previous Post Next Post