Source: Pexels.com/Max Fischer |
Menurut Gagne (1984) belajar adalah suatu proses dimana suatu organisma berubah perilakunya akibat pengalaman. Ada tiga unsur pokok penting dalam konsep belajar adalah proses, perubahan perilaku, dan pengalaman.
- Proses: Aktivitas-aktivitas yang terjadi selama pembelajaran adalah proses mental, emosional, dan pikiran siswa. Misalnya siswa bertanya, mempelajari, menjawab, dan diskusi.
- Perubahan perilaku: Seseorang yang belajar akan mengalami perubahan perilaku sebagai akibat dari kegiatan belajarnya.
- Pengalaman:
- Belajar dapat dilakukan melalui pengalaman langsung maupun pengalaman tidak langsung.
Baca juga: Manakah Budaya Pendidikan Zaman Kolonial yang Sudah Tidak Lagi di Praktikkan di Kelas?
Sementara, Rifa’i dan Ani (2012, h. 68) mengatakan bahwa unsur-unsur dalam belajar yaitu:
- Pembelajar, meliputi peserta didik, pembelajar dan warga belajar.
- Rangsangan (stimulus), sesuatu yang merangsang pengindaraan pembelajar agar mampu belajar optimal.
- Memori, berisi berbagai kemampuan yang berupa pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dihasilkan dari aktivitas belajar sebelumnya.