Akademis

Pengertian Seni Rupa Dekoratif dan Macam-Macamnya

Pengertian Seni Rupa Dekoratif

Seni rupa dekoratif adalah salah satu jenis seni rupa yang berfokus pada estetika dan dekorasi untuk memperindah atau menghias suatu objek sehingga memiliki nilai seni.

Macam-Macam Seni Rupa Dekoratif

Berikut adalah macam macam seni rupa dekoratif:

1. Keramik: Seni keramik adalah pembuatan barang-barang dekoratif dari tanah liat dan dapat ditemukan dalam bentuk gelas, piring, vase, dan sebagainya.

2. Batik: Batik memiliki motif dan desain yang khas dan banyak digunakan sebagai bahan dekoratif pada pakaian atau sebagai hiasan dinding.

3. Lukisan: Lukisan adalah karya seni yang dibuat dengan menggunakan cat pada kanvas, kertas, atau bahan lain. Lukisan dapat menggambarkan berbagai tema dan objek, seperti alam, figur, abstrak, dan masih banyak lagi.

4. Patung: Patung adalah karya seni tiga dimensi yang dibuat dari berbagai bahan, seperti kayu, batu, perunggu, dan lain-lain. Patung sering digunakan sebagai hiasan interior atau eksterior.

5. Kain tenun: Kain tenun adalah kain yang dibuat dengan menenun benang pada mesin atau tangan. Kain tenun dapat memiliki motif dan desain yang beragam dan digunakan sebagai bahan dekoratif untuk gorden, sofa, atau bantal.

6. Ukiran: Ukiran adalah seni memotong dan menggariskan suatu bahan untuk membuat desain dan motif yang indah. Ukiran dapat ditemukan pada meja, kursi, pintu, dan bahan lainnya.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker