Akademis

10 Pengertian Administrasi Keuangan Menurut Para Ahli

Pengertian Administrasi Keuangan

Administrasi keuangan adalah serangkaian upaya pencatatan, pengolahan, dan penyimpanan semua data aktivitas yang berhubungan dengan keuangan suatu organisasi atau lembaga.

Tujuan dari administrasi keuangan adalah untuk memastikan bahwa sumber daya keuangan organisasi digunakan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan.

Baca juga: 30 Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

Administrasi keuangan meliputi berbagai aspek, seperti manajemen kas, pengelolaan hutang dan piutang, investasi, pengelolaan risiko, dan pembuatan laporan keuangan.

Seorang administrator keuangan bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya keuangan sebuah organisasi sehingga harus memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk memahami laporan keuangan dan menjalankan tugas-tugas terkait keuangan lainnya.

Baca juga: Pengertian Pencucian Uang Menurut Para Ahli

Pengertian Administrasi Keuangan Menurut Para Ahli

Adapun pengertian administrasi keuangan menurut para ahli adalah sebagai berikut:

Artikel Terkait

1. The Liang Gie

Definisi administrasi keuangan adalah proses perencanaan, penyediaan, dan penggunaan uang dalam suatu perusahaan/ organisasi. Dengan kata lain, administrasi keuangan merupakan kegiatan penataan keuangan, yang mencakup penyusunan anggaran belanja, penentuan sumber dana, cara pemakaian, hingga pembukuan.

2. Mamesah (1995 : 14)

Arti administrasi keuangan adalah rangkaian kegiatan dan prosedur dalam mengelola keuangan secara tertib, sah, hemat, berdaya guna dan berhasil guna. (mengelola keuangan tersebut meliputi penerimaan-penerimaan dan sumber-sumbernya serta pembiayaanpembiayaan).

Baca juga: Sistem Akuntansi: Pengertian Menurut Ahli, Unsur & Tujuan

3. Siagian (1995 : 56)

Administrasi keuangan adalah suatu truisme / paling sedikit suatu kekayaan bahwa biaya yang tersedia bagi suatu negara yang sedang giat melakukan pembangunan selalu terbatas dibandingkan dengan banyaknya kegiatan pembangunan yang perlu dibiayai.

4. Nawawi (1994 : 28)

Menurut Nawawi pengertian administrasi keuangan dapat dibedakan menjadi 2 (dua) bagian:

1) Administrasi keuangan dalam arti sempit (kegiatan tata usaha) adalah proses penerimaan, penyimpanan, dan pengeluaran yang melalui kegiatan pinata usahaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sehingga upaya penunjang perwujudan kebijaksanaan keuangan yang telah ditetapkan; dan

2) Administrasi keuangan dalam arti luas adalah pengaturan dan penetapan kebijaksanaan dalam pengadaan dan penggunaan keuangan untuk mewujudkan semua tugas-tugas pokok sebagai volume kerja organisasi agar tujuan dapat tercapai secara efektif dan efisien.

5. Siagian (2004 : 2)

Administrasi adalah sebagai keseluruhan proses kerja sama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Baca juga: 10 Pengertian Perdagangan Internasional Menurut Para Ahli

6. Menurut Depdiknas (2000)

Manajemen keuangan merupakan tindakan pengurusan/ketatausahaan keuangan yang meliputi pencatatan, perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelaporan.

7. Herbert A. Simon (1999 : 3)

Administrasi sebagai kegiatan-kegiatan kelompok kerjasama tuntuk mencapai tujuan-tujuan bersama.

8. Leonard D. White dalam Inu Kencana Syafiie, dkk (1999)

Administrasi adalah suatu proses yang umum ada pada usaha kelompok-kelompok, baik pemerintah maupun swasta, baik sipil maupun militer, baik dalam ukuran besar maupun kecil.

Baca juga: 16 Pengertian Pajak Menurut Para Ahli

9. Dwight Waldo (1971)

Administrasi adalah suatu daya upaya yang kooperatif, yang mempunyai tingkat rasionalitas yang tinggi.

10. Dimock & Domock (1992 : 20)

Administrasi adalah suatu ilmu yang mempelajari apa yang dikehendaki rakyat melalui pemerinath, dan cara mereka memperolehhnya.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker