Pendidikan

Mengenal Program Praktisi Mengajar, Inovasi Kreatif dari Kemendikbudristek

Program Praktisi Mengajar

Program Praktisi Mengajar merupakan inovasi terbaru dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang merupakan bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Pelaksanaan Program Praktisi Mengajar Angkatan Pertama pada tahun 2022 lalu menghasilkan lebih dari 4.500 mata kuliah kolaborasi di lebih dari 250 perguruan tinggi.

Baca juga: Ternyata UGM Bukan Nomor 1, Ini 20 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2023

Dengan program ini, memungkinkan dosen yang mengajar perguruan tinggi seluruh Indonesia untuk bekerja sama dengan praktisi ahli dalam berbagai bidang.

Hal ini bertujuan untuk memperkaya pembelajaran yang disampaikan para dosen, sehingga mahasiswa dapat lebih memahami perkembangan terkini dari dunia usaha dan dunia industri.

Dalam program ini, para praktisi yang telah berpengalaman di bidangnya akan terlibat langsung dalam proses perkuliahan.

Mereka akan membantu para dosen dalam menyajikan materi dengan cara yang lebih praktis dan terkini, sehingga mahasiswa dapat lebih mudah memahami konsep yang diajarkan.

Keberadaan para praktisi dalam program ini sangat penting karena mereka dapat memberikan contoh kasus atau perkembangan terkini dari dunia usaha dan industri yang berkaitan dengan materi perkuliahan.

Baca juga: 7 Negara Terpintar di Dunia dengan IQ Rata-Rata Masyarakatnya di Atas 100

Tentu pengetahuan serta pengalaman tersebut akan membantu para mahasiswa untuk memahami lebih dalam tentang konsep yang diajarkan, sehingga mereka dapat mengaplikasikannya di dunia nyata.

Program Praktisi Mengajar tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa, tetapi juga bagi para dosen dan praktisi itu sendiri.

Para dosen dapat memperluas jaringan dan meningkatkan pengalaman mengajar mereka, sementara para praktisi dapat memperluas wawasan mereka dalam bidang akademik.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Banyak Disesali oleh Lulusannya

Dengan program ini, diharapkan dapat terjadi kolaborasi yang erat antara perguruan tinggi, industri, dan dunia usaha untuk menciptakan tenaga kerja yang  berkualitas dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

Maka, bagi para dosen dan praktisi ahli di berbagai bidang, Program Praktisi Mengajar adalah kesempatan yang sangat baik untuk berkolaborasi dan meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker