Pendidikan

Pendaftaran IISMA 2023 Resmi Ditutup, Catat Jumlah Pendaftar Tertinggi Sejak Pertama Diluncurkan

Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) mencapai jumlah pendaftar tertinggi pada tahun 2023.

Pada saat pendaftaran ditutup pada Kamis (9/3) dini hari, sebanyak 12.704 mahasiswa jenjang sarjana dan diploma resmi terdaftar sebagai calon peserta.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 9.116 calon peserta berhasil menyelesaikan semua persyaratan berkas di situs web https://iisma.kemdikbud.go.id/.

Baca juga: Pendaftaran Program Praktisi Mengajar Masih Dibuka, Dosen Bisa Ajak Praktisi Ahli Terlibat Perkuliahan

Jumlah pendaftar terdiri dari 10.496 mahasiswa program sarjana dan 2.208 mahasiswa program vokasi yang berasal dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Sementara itu, jumlah calon peserta yang berhasil menyelesaikan semua persyaratan berkas terdiri dari 7.664 mahasiswa sarjana dan 1.452 mahasiswa vokasi.

Melalui Program IISMA, para mahasiswa pendaftar akan diberikan kesempatan untuk belajar di perguruan tinggi terbaik di luar negeri selama satu semester.

Sebagai bagian dari Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Program IISMA ditujukan untuk mahasiswa sarjana pada tahun 2021 dan untuk mahasiswa vokasi pada tahun 2022.

Program ini telah berhasil memberangkatkan lebih dari 2.500 mahasiswa Indonesia ke berbagai penjuru dunia.

Baca juga: Mengenal Program Praktisi Mengajar, Inovasi Kreatif dari Kemendikbudristek

Pada tahun 2023, terdapat 140 institusi pendidikan tinggi sarjana dan vokasi di 27 negara yang bisa dipilih oleh para calon peserta untuk belajar selama satu semester.

Selain belajar, para mahasiswa peserta Program IISMA juga diharapkan mampu menjadi duta bangsa yang memperkenalkan budaya Indonesia di mata dunia.

Pengalaman berada di luar negeri juga diharapkan mampu membentuk mahasiswa yang berwawasan global dan siap menjadi agen perubahan yang membantu pembangunan bangsa di masa yang akan datang.

“Siapkan diri adik-adik untuk mengikuti program ini dan menjadi duta bangsa yang membanggakan bagi kita semua. Mahasiswa yang terpilih juga merupakan talenta-talenta terbaik bangsa yang dilihat dari berbagai aspek mulai dari kesiapan, prestasi selama ini, dan aktivitas dalam organisasi kemahasiswaan maupun kepemimpinan,” terang Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Plt. Dirjen Diktiristek), Nizam.

Animo terhadap Program IISMA terus meningkat, baik dari kalangan perguruan tinggi maupun mahasiswa.

Jumlah mahasiswa yang tertarik bergabung ke dalam Program IISMA terus mengalami peningkatan, demikian halnya dengan ketertarikan perguruan tinggi luar negeri untuk mendaftar sebagai perguruan tinggi tuan rumah (Host university) penerima mahasiswa.

Baca juga: Kemendikbudristek Lantik Pejabat Perguruan Tinggi Negeri dan Mengimbau Untuk Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Terbaru, Group of Eight (Go8) yang merupakan kelompok eksklusif universitas terbaik di Australia telah resmi mendukung pelaksanaan Program IISMA dan mengajak para mahasiswa Indonesia untuk belajar di institusi mereka.

Catatan baik ini juga diamini oleh Gugup Kismono, Ketua Pelaksana Pusat Kampus Merdeka, yang menyampaikan bahwa animo dan popularitas Program IISMA yang terus meningkat didongkrak oleh banyaknya manfaat yang ditawarkan kepada para pihak yang ikut terlibat.

“Popularitas yang tinggi ini saya kira bukan tanpa alasan, melainkan karena Program IISMA memberikan kesempatan mahasiswa untuk menikmati atmosfer pembelajaran akademik terbaik yang dibarengi dengan kualitas kultur sosial yang berkualitas tinggi di berbagai negara dan perguruan tinggi mitra luar negeri terpilih,” terangnya.

Dengan berakhirnya periode pendaftaran, selanjutnya para pendaftar akan mengikuti berbagai rangkaian seleksi sebelum akhirnya bisa berangkat ke perguruan tinggi luar negeri pilihan.

Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat diakses melalui laman https://iisma.kemdikbud.go.id

Sumber: kemdikbud.go.id

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)