Lifestyle

5 Cara Membunuh Kutu Scabies dan Telurnya dengan Mudah

Scabies adalah infeksi kulit yang umum disebabkan oleh tungau kecil yang menembus kulit dan bertelur, menyebabkan rasa gatal yang intens dan ruam.

Infeksi ini sangat menular dan dapat menyebar dengan mudah dari satu orang ke orang lain melalui kontak kulit ke kulit atau melalui pakaian, handuk, dan barang-barang lain yang terinfeksi.

Scabies manusia atau infeksi yang dialami oleh manusia bisa menyerang berabagai area tubuh, salah satu yang sering terinfeksi oleh scabies adalah di area kemaluan pria.

Gejala skabies kemaluan pria meliputi gatal yang parah, terutama di malam hari, dan munculnya ruam yang berbentuk seperti garis atau lekuk. Bahkan parahnya, sbisa terjadi scabies bernanah.

Ruam ini biasanya terjadi di daerah kemaluan, paha bagian dalam, pantat, perut bagian bawah, atau lipatan kulit di sekitar area genital.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Kutu Rambut dengan Cepat dan Ampuh

Cara Membunuh Kutu Scabies dan Telurnya

Jika kamu merasa terkena infeksi scabies gatal, penting untuk segera mengambil langkah-langkah untuk membunuh kutu dan telurnya.

Berikut adalah beberapa cara membunuh kutu scabies dan telurnya:

1. Bersihkan rumah dan barang-barang yang terinfeksi

Kutu scabies dapat bertahan hidup di pakaian, seprai, handuk, dan permukaan lain selama beberapa hari.

Oleh karena itu, penting untuk mencuci semua pakaian dan seprai dengan air panas dan membersihkan semua permukaan dengan pembersih yang efektif.

2. Hindari kontak langsung dengan orang yang terinfeksi

Gatal scabies sangat menular, oleh karena itu, penting untuk menghindari kontak kulit dengan orang yang terinfeksi sampai mereka diobati dan sembuh sepenuhnya.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Secara Alami

3. Jangan menggaruk kulit yang gatal

Menggaruk kulit yang gatal hanya akan membuat masalah semakin parah. Hal ini dapat menyebabkan infeksi pada kulit dan memperburuk kondisi penyakit skabies.

Jika kamu merasa sulit untuk menghindari menggaruk kulit yang gatal, cobalah menggunakansalep atau lotion yang bisa meredakan rasa gatal.

4. Gunakan obat scabies yang tepat

Ada banyak obat scabies yang tersedia di pasaran, mulai dari yang dijual bebas hingga yang harus diresepkan oleh dokter. Pilihlah obat yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulitmu.

Obat atau cream scabies umumnya bekerja dengan cara membunuh kutu dan telurnya, serta meredakan gatal dan iritasi yang ditimbulkan.

5. Gunakan obat yang diresepkan oleh dokter

Obat topikal seperti permetrin dan sulfur dapat membantu membunuh tungau dan telurnya. Cara ini efektif untuk mengobati penyakit scabies.

Obat ini harus dioleskan pada seluruh tubuh dari leher ke bawah dan harus dibiarkan selama beberapa jam sebelum dibilas.

Kamu harus menghindari kontak kulit dengan orang lain selama pengobatan dan mencuci pakaian, seprai, dan handuk dengan air panas.

Baca juga: 6 Khasiat Bunga Wijaya Kusuma Bagi Kesehatan dan Cara Penggunaannya

Kesimpulan

Pengobatan scabies pada manusia memang perlu sedikit upaya, utamanya mengatasi akar permasalahannya, yakni kutu scabies.

Membunuh kutu scabies dan telurnya memang bisa jadi sangat merepotkan, tapi dengan langkah-langkah yang tepat, kamu dapat mengatasi masalah ini dengan mudah.

Jadi, scabies dapat diobati dan dikendalikan dengan mengambil langkah-langkah untuk membunuh tungau dan telurnya serta membersihkan barang-barang yang terinfeksi.

Ingatlah bahwa scabies sangat menular, jadi pastikan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitarmu agar terhindar dari masalah yang sama suatu hari nanti.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)