Pendidikan

UNESA dan VCG Korea Selatan Kerjasama dalam Bidang Pendidikan, Sosial, dan Budaya

Guna mendukung implementasi MBKM sekaligus untuk melakukan transformasi sebagai PTNBH, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) terus memperluas jaringan mitra kerja sama, salah satunya dengan Vogo Consulting Group (VCG), Korea Selatan (Korsel).

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan secara daring oleh Wakil Rektor (WR) Bidang Perencanaan, Pengembangan, Kerja Sama, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Prof. Dr. Siti Nur Azizah, S.H., M.Hum., dengan Vogo Consulting Group.

Wakil Rektor didampingi jajaran Direktur Teknologi, Informasi, Komunikasi dan Kerja Sama Prof. Dr. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D., dan Sub-Direktorat Urusan Internasional Asrori, S.S., M.A.,

Siti Nur Azizah menuturkan bahwa kerja sama ini mencakup bidang pendidikan, sosial, dan budaya.

Adapun kerja sama yang akan dilakukan termasuk bidang akademik, meliputi:

– Program internship atau magang
– Lokakarya bagi penyandang disabilitas
– Penelitian bersama dengan universitas dari kedua negara
– Pertukaran seni budaya saat semester musim panas
– Kuliah tamu dan pertukaran profesor
– Pertukaran kurikulum
– Kerja sama dan dukungan dalam pembentukan program pembelajaran bahasa di dua negara
– Beasiswa bagi mahasiswa khusus Indonesia dan Korea

Selain itu, kerja sama juga dilakukan di bidang sosial dalam bentuk dukungan untuk proyek sertifikasi halal Indonesia di Korea dan sebaliknya yaitu dukungan sertifikasi halal yang terkait produk korea (makanan, minuman, skincare, pabrik, dan lain-lain).

Kerja sama dengan masing-masing lembaga Indonesia untuk pengiriman tenaga kerja baik di luar dan dalam negeri di Indonesia.

Donasi 30% keuntungan yang diperoleh dari program halal Indonesia dan program repatriasi tenaga kerja kepada yayasan Beasiswa Inovasi Indonesia-Korea.

Kesempatan kerja sama yang baik ini, lanjutnya, bakal ditindaklanjuti juga dalam bentuk festival budaya di kedua negara secara bergantian bekerja sama dengan universitas di Indonesia dan Korea untuk memperkenalkan K-POP, I-POP, makanan, busana, budaya, akademik, dan lain sebagainya.

UNESA dan VCG bekerja sama dalam pewarisan budaya dan seni tradisional melalui perguruan tinggi dan organisasi yang terkait dengan budaya dan seni tradisional, serta tinjauan “Taekwondo” Unesa-Korea.

Berbagai bentuk kerja sama dengan VCG ini tentunya melibatkan seluruh fakultas yang ada di Unesa untuk memperkuat sinergi internasional Unesa.

“Dari Kesempatan kerja sama ini semoga UNESA mendapatkan dukungan baik infrastruktur maupun dukungan kegiatan internasional dengan universitas yang ada di Korea,” ucap Asrori.

Sumber: unesa.ac.id

x
Close

Adblock Detected

Please turn off Ad Blocker