Kalimat dalam iklan (pexels.com/Kaboompics .com) |
Kalimat-kalimat dalam iklan sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, singkat, menarik, dan mudah dimengerti oleh pembaca.
Pengertian Iklan
Iklan adalah media komunikasi yang sangat efektif untuk menyampaikan informasi kepada orang lain dengan tujuan untuk mempengaruhhi, mempromosikan, mengingatkan, dan menginformasikan sesuatu.
Maka, kalimat dalam iklan harus berisi teks yang sifatnya persuasif untuk mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
{inAds}
Pengertian Iklan Menurut Para Ahli
Gilson & Berkman
Iklan adalah media komunikasi persuasif yang dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan respons dan membantu tercapainya objektivitas atau tujuan pemasaran.
Djaslim Saladin
Iklan atau periklanan adalah satu di antara alat promosi, biasanya digunakan untuk mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli sasaran dan masyarakat, di mana bentuk penyajian iklan ini bersifat non-personal.
Faela Sufa (2016)
Iklan adalah media informasi yang dibuat dengan cara tertentu untuk menarik penonton, asli, dan memiliki karakteristik tertentu dan persuasif, sehingga konsumen secara sukarela terdorong untuk melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang diinginkan pengiklan.
{inAds}
Fatihudin dan Firmansyah (2019: 164)
Iklan merupakan model komunikasi yang dapat menjangkau publik secara luas. Iklan dapat digunakan untuk membangun image jangka panjang dan juga mempercepat quick sales.
Jaiz (2014: 4)
Iklan didefinisikan sebagai segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan lewat media, ditunjukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat.
Rhenald Kasali
Arti iklan adalah sebuah pesan yang menawarkah suatu produk, yang ditujukan kepada masyarakat melalui sebuah media.