Akademis

10 Pengertian Dokumentasi Menurut Para Ahli

Pengertian Dokumentasi

Dokumentasi adalah proses pembuatan, pengumpulan, dan penyimpanan informasi dalam bentuk tertulis, visual, atau audio untuk tujuan referensi atau penggunaan di masa depan.

Dokumentasi dapat berupa catatan, laporan, diagram, foto, video, atau rekaman suara yang memberikan informasi tentang suatu kejadian atau proses.

Dokumentasi sangat penting dalam bidang bisnis, pendidikan, teknologi, dan hampir semua bidang lainnya karena memudahkan orang untuk mengakses informasi yang relevan dan memastikan bahwa informasi tersebut dapat dipertahankan dan ditemukan kembali di kemudian hari.

Baca juga: 10 Pengertian Administrasi Keuangan Menurut Para Ahli

Sementara menurut KBBI, dokumentasi merupakan proses pengumpulan, pemilihan, pengolahan dan penyimpanan informasi dibidang pengetahuan.

Pengertian Dokumentasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian dokumentasi menurut para ahli.

1. Menurut Sugiyono (2018:476)

Dokumentasi adalah suatu cara yang digunakan untuk memperoleh data dan informasi dalam bentuk buku, arsip, dokumen, tulisan angka dan gambar yang berupa laporan serta keterangan yang dapat mendukung penelitian.

2. Louis Gottschalk (1986; 38)

Pengertian kata ‘dokumen’ ini seringkali digunakan para ahli dalam dua pengertian.

Pertama, berartisumber tertulis bagi informasi sejarah sebagai kebalikan dari kesaksian lisan, artefak, peninggalan-peninggalan terlukis, dan petilasan-petilasan arkeologis.

Pengertian kedua diperuntukkan bagi surat-surat resmi dan surat-surat negara seperti surat perjanjian, undangundang, hibah, konsesi, dan lainnya.

Gottschalk juga menyatakan bahwa dokumen (dokumentasi) dalam pengertian yang lebih luas berupa setiap proses pembuktian yang didasarkan atas jenis sumber apapun, baik yang bersifat tulisan, lisan, gambaran, atau arkeologis.

Baca juga: 10 Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli

3. Fuad & Sapto (2013 : 61)

Dokumentasi merupakan salah satu sumber data skunder yang diperlukan dalam sebuah penelitian.

4. Paul Otlet “International Economic Conference 1905”

Definisi dokumentasi adalah kegiatan yang berupa pengumpulan, pengolahan, penyimpanan dan penemuan kembali serta penyebaran dokumen.

5. Nurhadi Magetsari, dkk

Arti dokumentasi adalah bahan yang termasuk ke dalam jenis, bentuk dan sifat apapun tempat informasi direkam dan rekaman yang ditulis atau dipahat menyampaikan informasi berupa fakta.

6. Tung Palan

Menjelaskan bahwa dokumentasi merupakan catatan otentik yang bisa dibuktikan dan bisa dijadikan bukti secara hukum yang mana dokumentasi tersebut berisi data-data yang lengkap dan nyata.

Baca juga: 7 Pengertian Etnolinguistik Menurut Para Ahli

7. Sulistyo Basuki

Mengartikan dokumentasi sebagai pekerjaan mengumpulkan, menyusun dan mengelola dokumen litereter yang mencatat segala aktivitas manusia dan yang dianggap berguna untuk dijadikan sebagai bahan dan penerangan mengenai berbagai soal.

8. Arikunto

Pengertian dokumentasi menurut Arikunto adalah mencari dan mengumpulkan data mengenai hal-hal yang berupa catatan, transkrip, surat kabar, buku, notulen, rapot, agenda dan lain sebagainya.

9. Encyclopedia Britanica

Dokumentasi yaitu sebuah pengawasan dan penyusunan bibiliografi yang menggunakan alat seperti indeks, sari karangan dan isi bibiliografi memakai cara tradisional untuk membuat informasi itu bisa dicapai.

Baca juga: 10 Pengertian Negosiasi Menurut Para Ahli

10. Federatioon Internationale de Decomentation (FID)

Dokumentasi adalah aktivitas mengumpulkan dan menyebarkan berbagai jenis dokumen tentang semua lapangan pekerjaan.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker