Akademis

5 Contoh Hewan Fragmentasi dan Penjelasannya

Fragmentasi adalah kemampuan beberapa hewan untuk memisahkan diri menjadi beberapa bagian yang terpisah dan kemudian tumbuh menjadi individu baru. Berikut adalah 5 contoh hewan fragmentasi:

1. Bintang laut

Bintang laut adalah contoh paling terkenal dari hewan fragmentasi. Jika bintang laut dipotong menjadi beberapa bagian, maka setiap bagian tersebut dapat tumbuh menjadi individu baru yang utuh.

Baca juga: 10 Tumbuhan yang Hidup di Air, Mulai Lotus Hingga Azolla

2. Cacing palolo

Cacing palolo hidup di perairan yang hangat dan sering memisahkan diri menjadi beberapa bagian ketika bertelur. Setiap bagian tersebut kemudian tumbuh menjadi individu baru yang mandiri.

3. Hydra

Hydra adalah hewan air tawar kecil yang juga memiliki kemampuan fragmentasi. Jika hydra dipotong menjadi beberapa bagian, maka setiap bagian tersebut dapat tumbuh menjadi individu baru yang utuh.

4. Flatworm

Beberapa spesies flatworm dapat melakukan fragmentasi, meskipun tidak seefektif bintang laut atau cacing palolo.

Jika flatworm dipotong menjadi beberapa bagian, maka setiap bagian tersebut dapat tumbuh menjadi individu baru yang mandiri.

5. Spons

Spons atau bunga karang adalah organisme multiseluler yang memiliki banyak pori di sekujur tubuhnya.

Spons dapat ditemukan di dalam laut hingga kedalaman 8000 meter. Dalam berkembang biak, Spons melakukan 2 cara yaitu dengan cara seksual dan aseksual.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker