Membanggakan! ITS dan UNS Raih Prestasi Gemilang di Ajang International Roboboat Competition (IRC) 2023

Sastrawacana.id

ITS dan UNS Juara di Ajang International Roboboat Competition (IRC) 2023
ITS dan UNS Juara di Ajang International Roboboat Competition (IRC) 2023 (Kemdikbud.go.id)

Tim Barunastra Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Tim Bengawan UV Universitas Sebelas Maret (UNS) berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Kedua tim tersebut menorehkan prestasi gemilang di ajang bergengsi International Roboboat Competition (IRC) 2023 yang diselenggarakan pada 22-28 Maret 2023 di Sarasota, Florida, Amerika Serikat.

Tim Barunastra ITS berhasil meraih dua penghargaan sekaligus, yaitu Juara 1 Grand Champion dan Juara 2 Design Documentation International Roboboat Competition 2023.

Dengan capaian tersebut, tim yang beranggotakan Faris Rayyan Januar, Ricky Azhar Ramadhan, Maria Valentia, Riski Permadani, I Wayan Agus Darmawan, dan Nawab Aditya ini resmi meraih gelar juara untuk ke-5 kalinya di ajang IRC.

Salah satu anggota Tim Barunastra ITS Fariz Rayyan Januar, juga sebagai General Manager Barunastra ITS, menceritakan timnya harus bersaing dengan berbagai tim yang berasal dari 19 universitas dari 10 negara.

Bahkan diantaranya, ada tim universitas kelas dunia seperti Massachusetts Institute of Technology (MIT) dari Amerika Serikat.

“Di IRC tahun ini perjuangan kami cukup berat karena bersaing dengan berbagai universitas kelas dunia. Hingga sampai final kita masih harus bersaing dengan 15 tim yang lolos. Alhamdulilah, kami berhasil menempati urutan pertama sehingga keluar sebagai juara,” jelas Fariz, dikutip dari laman pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id.

Dalam ajang IRC 2023, Tim Barunastra ITS membawa kapal terbarunya bernama Nala Proteus yang telah dipersiapkan secara khusus untuk IRC 2023.

Kapal yang telah dipersiapkan sejak Desember 2022 ini memiliki spesifikasi panjang total 1,07 meter dengan lebar total 0,84 meter.

Kapal ini berbahan fiberglass yang kuat dan cukup ringan untuk dapat membawa seluruh komponen yang mendukung dalam melaksanakan misi yang ada. Nala Proteus merupakan pengembangan lanjutan dari Nala Theseus yang sebelumnya sudah menjuarai IRC 2022.

Selanjutnya, Tim Bengawan UV UNS melalui kapalnya, Mandakini Catra berhasil meraih dua penghargaan yaitu Blue Robotics Sponsorship Awards dan Roboboat Special Award: Perseverance.

Pada ajang IRC 2023, UNS mengirimkan empat delegasinya, yaitu Naufal Nur Saifullah, Isnandaru Prasetyo, Al Fath Farisy Kusuma Amanta, dan Muhammad Iksan Bima Aria Pratama.

General Manager Bengawan UV, Dwi Budisetyawan, mengatakan ia merasa bersyukur atas penghargaan yang diperoleh tim Bengawan UV UNS pada tahun ini.

“Saya sangat merasa bersyukur atas penghargaan yang diperoleh Tim Bengawan UV pada tahun ini. Alhamdulillah tahun ini merupakan tahun pertama bagi kami mengikuti lomba Internasional secara luring, sehingga masih banyak hal yang perlu dibenahi dan dijadikan pembelajaran untuk event selanjutnya,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Tim Barunastra ITS merupakan pemenang Kontes Kapal Cepat Tanpa Berawak Nasional (KKCTBN) tahun lalu yang diadakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Sementara itu Tim Bengawan UV merupakan tim yang dipersiapkan secara khusus oleh UNS.

Sumber: kemdikbud.go.id

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia

Tags

x