PAPI Kostick (Pexels.com/Andy Barbour) |
Pengertian PAPI Kostick
PAPI (Personality and Preference Inventory) kostick atau juga dikenal sebagai Papi kostik adalah alat atau instrumen yang digunakan dalam tes kecerdasan atau tes IQ seseorang.
Tes PAPI Kostick sendiri pertama kali ibuat oleh Dr. Max Martin Kostick, pada awal tahun 1960-an. Tes ini dirancang untuk mengukur 7 kepribadian seseorang, yaitu:
1. kepemimpinan (leadership)
2. arah kerja (work direction)
3. aktivitas kerja (work activity)
4. relasi sosial (social nature)
5. gaya bekerja (work style)
6. sifat temperamen (temperament)
7. posisi atasan-bawahan (followership).
Tes Papi kostick biasanya digunakan dalam proses seleksi kerja atau seleksi masuk perguruan tinggi. Tes ini dapat membantu pihak seleksi untuk mengukur kemampuan kognitif dan kreatif seseorang.
Tes ini merupakan salah satu tes kepribadian yang cukup populer digunakan oleh perusahaan karena kepribadian serta tingkah laku calon karyawan akan tercermin setelah mengikuti tes PAPI.
Sebelum masuk ke contoh tes PAPI Kostick, berikut ini adalah norma dan pengaturan skor dalam mendapatkan hasil tes.
Norma Alat Tes PAPI Kostick
1. L = Peran – Pemimpin (Leadership Role)
Skor 5-9 : yaitu tingkat dimana seseorang memproyeksikan dirinya sebagai pemimpin suatu tingkat dimana ia mencoba menggunakan orang lain untuk mencapai tujuannya.
Skor 4-0 : cendurung tidak secara aktif menggunakan orang lain dalam bekerja.
2. P = Kebutuhan – Mengatur Orang Lain (Need to Control Others)
- Skor 5-9 : tingkat kebutuhan untuk menerima tanggung jawab orang lain, menjadi orang yang bertanggung jawab.
- Skor 4-0 : menurunnya keinginan untuk bertanggung jawab pada pekerjaan dan tindakan orang lain.
3. I = Peran – Membuat Keputusan (Ease in Decision Making)
- Skor 0-2 : ragu – menolak mengambil keputusan
- Skor 3-4 : berhati-hati membuat keputusan
- Skor 5-7 : berhati-hati – lancar dan mudah mengambil keputusan
- Skor 8-9 : tidak ragu dalam mengambil keputusan
4. F = Kebutuhan – Membantu Atasan (Need to Support Authority)
- Skor 6-9 : bersikap setia dan membantu, kemungkinan bantuannya bersifat politis
- Skor 4-5 : setia terhadap perusahaan
- Skor 2-3 : mengurus kepentingan sendiri
- Skor < 2 : cenderung egois, kemungkinan dapat memberontak
5. W = Kebutuhan Mengikuti Aturan dan Pengawasan (Need for Rules and Supervision)
- Skor < 4 : berorientasi pada tujuan, mandiri
- Skor 4-5 : kebutuhan akan pengarahan dan harapan yang dirumuskan untuknya
- Skor 6-9 : meningkatnya orientasi terhadap tugas dan membutuhkan instruksi yang jelas
6. T = Peran Sibuk (Pace)
- Skor < 4 : melakukan segala sesuatu menurut kemauannya sendiri
- Skor 4-6 : tergolong aktif secara internal dan mental
7. V = Peran Penuh Semangat (Vigorous Type)
- Skor < 5 : cenderung pasif
- Skor 5-7 : aktif secara fisik, cenderung sportif
8. R = Peran Orang yang Teoretis (Theoretical Type)
- Skor 0-4 : kurang perhatian, bersifat praktis
- Skor 5-9 : nilai-nilai penalaran tergolong tinggi
9. D = Peran Bekerja dengan Hal-hal yang Rinci (Interest in Working With Details)
- Skor 0-3 : menyadari kebutuhan akan kecermatan, tetapi tidak berminat bekerja detail
- Skor 4-9 : minat tinggi untuk bekerja secara detail
10. C = Peran Mengatur (Organized Type)
- Skor 0-2 : fleksibel – tidak teratur
- Skor 3-5 : teratur, tetapi tidak tergolong fleksibel
- Skor 6-9 : keteraturan tinggi cenderung kaku
11. X = Kebutuhan untuk diperhatikan (Need to be Noticed)
- Skor < 2 : cenderung pemalu
- Skor 2-3 : rendah hati, tulus
- Skor 4-5 : memiliki pola perilaku yang unik
- Skor 6-9 : membutuhkan perhatian nyata
12. B = Kebutuhan untuk diterima dalam kelompok (Need to Belong to Groups)
- Skor 0-3 : selektif
- Skor 4-5 : ingin diterima, tetapi tidak mudah dipengaruhi kelompok
- Skor 6-9 : ingin disukai dan diakui, mudah dipengaruhi
13. O = Kebutuhan Kedekatan dan Kasih Sayang (Need for Closeness and Affection)
- Skor < 3: tidak suka hubungan perorangan
- Skor 3-4 : sadar akan hubungan perorangan, tetapi tidak terlalu bergantung
- Skor 5-9 : sangat tergantung, butuh penerimaan diri
14. S = Peran Hubungan Sosial (Social Extension)
- Skor < 6 : perhatian rendah terhadap hubungan sosial, kurang percaya pada orang lain
- Skor 6-9 : kepercayaan tinggi dalam hubungan sosial, senang berinteraksi sosial
15. N = Kebutuhan Menyelesaikan Tugas Secara Mandiri (Need to Finish Task)
- Skor < 3 : menunda atau menghindari pekerjaan
- Skor 3-4 : berhati-hati atau ragu dalam bekerja
- Skor 4-6 : cukup bertanggungjawab pada pekerjaan
- Skor 6-9 : tekun, tanggung jawab tinggi
16. A = Kebutuhan Berprestasi (Need to Achieve)
- Skor 0-5 : ketidakpastian tujuan, kepuasan dalam suatu pekerjaan, tidak ada usaha lebih
- Skor 6-9 : tujuan jelas, kubutuhan sukses dan ambisi tinggi
17. G = Peran Pekerja Keras (Hard Intense Worked)
- Skor 3-4 : bekerja untuk kesenangan saja, bukan untuk hasil optimal
- Skor 4-7 : kemauan bekerja keras yang tinggi
18. Z = Kebutuhan untuk Berubah (Need for Change)
- Skor 0-2 : tidak suka berubah
- Skor 3-4 : tidak suka perubahan jika dipaksakan
- Skor 5-6 : mudah menyesuaikan diri
- Skor 6-7 : membuat perubahan yang selektif, berpikir jauh kedepan
- Skor 8-9 : mudah gelisah, frustasi, karena segala sesuatu tidak berjalan fantastis
19. K = Kebutuhan untuk Agresif (Need to be Forceful)
- Skor 0-2 : menghindari masalah, menolak untuk mengenali situasi sebagai masalah
- Skor 3-4 : suka lingkungan tenang, menghindari konflik
- Skor 5 : keras kepala
- Skor 6-7 : agresi berhubungan dengan pekerjaan, dorongan semangat bersaing
- Skor 8-9 : agresif, cenderung defensif
20. E = Peran Pengendalian Emosi (Emotional Resistant)
- Skor < 2 : terbuka, cepat bereaksi, tidak normatif
- Skor 2-3 : terbuka
- Skor 4-6 : punya pendekatan emosional seimbang, mampu mengendalikan
- Skor > 6 : sangat normatif, kebutuhan pengendalian diri yang berlebihan
Contoh Soal PAPI Kostick
Contoh soal Papi kostick.
1-A. Saya seorang pekerja keras
1-B. Saya bukan seorang pemurung
2-A. Saya suka bekerja lebih baik dari orang lain
2-B. Saya suka mengerjakan apa yang sedang saya kerjakan, sampai selesai
3-A. Saya suka menunjukkan caranya melaksanakan sesuatu hal
3-B. Saya ingin bekerja sebaik mungkin
4-A. Saya suka berkelakar
4-B. Saya senang mengatakan kepada orang lain, apa yang harus dilakukannya
5-A. Saya suka menggabungkan diri dengan kelompok-kelompok
5-B. Saya suka diperhatikan oleh kelompok-kelompok
6-A. Saya senang bersahabat intim dengan seseorang
6-B. Saya senang bersahabat dengan sekelompok orang
7-A. Saya cepat berubah bila hal itu diperlukan
7-B. Saya berusaha untuk intim dengan teman-teman
8-A. Saya suka membalas dendam bila saya benar-benar disakiti
8-B. Saya suka melakukan hal-hal yang baru dan berbeda
9-A. Saya ingin atasan saya menyukai saya
9-B. Saya suka mengatakan kepada orang lain, bila mereka salah
10-A. Saya suka mengikuti perintah-perintah yang diberikan kepada saya
10-B. Saya suka menyenangkan hati orang yang memimpin saya
11-A. Saya mencoba sekuat tenaga
11-B. Saya seorang yang tertib.
12-A. Saya membuat orang lain melakukan apa yang saya inginkan
12-B. Saya bukan seorang yang cepat gusar
13-A. Saya suka mengatakan kepada kelompok, apa yang harus dilakukan
13-B. Saya menekuni satu pekerjaan sampai selesai
14-A. Saya ingin tampak bersemangat dan menarik
14-B. Saya ingin menjadi sangat sukses
15-A. Saya suka menyelaraskan diri dengan kelompok
15-B. Saya suka membantu orang lain menentukan pendapatnya
16-A. Saya cemas kalau orang lain tidak menyukai saya
16-B. Saya senang kalau orang-orang memperhatikan saya
17-A. Saya suka mencoba sesuatu yang baru
17-B. Saya lebih suka bekerja bersama orang-orang daripada bekerja sendiri
18-A. Kadang-kadang saya menyalahkan orang lain bila tejadi sesuatu kesalahan
18-B. Saya cemas bila seseorang tidak menyukai saya
19-A. Saya suka menyenangkan hati orang yang memimpin saya
19-B. Saya suka mencoba pekerjaan-pekerjaan yang baru dan berbeda
20-A. Saya menyukai petunjuk yang terinci untuk melakukan sesuatu pekerjaan
20-B. Saya suka mengatakan kepada orang lain bila mengganggu saya
21-A. Saya selalu mencoba sekuat tenaga
21-B. Saya senang bekerja dengan sangat cermat dan hati-hati
22-A. Saya adalah seorang pemimpin yang baik
22-B. Saya mengorganisir tugas-tugas secara baik
23-A. Saya mudah menjadi gusar
23-B. Saya seorang yang lambat dalam membuat keputusan
24-A. Saya senang mengerjakan beberapa pekerjaan pada waktu yang bersamaan
24-B. Bila di dalam kelompok, saya lebih suka diam
25-A. Saya senang bila diundang
25-B. Saya ingin melakukan sesuatu lebih baik dari orang lain
26-A. Saya suka berteman intim dengan teman-teman saya
26-B. Saya suka memberi nasihat kepada orang lain
27-A. Saya suka melakukan hal-hal yang baru dan berbeda
27-B. Saya suka menceritakan keberhasilan saya dalam mengerjakan tugas
28-A. Bila saya benar, saya suka mempertahankannya mati-matian
28-B. Saya suka bergabung ke dalam suatu kelompok
29-A. Saya tidak mau berbeda dengan orang lain
29-B. Saya berusaha untuk sangat intim dengan orang-orang
30-A. Saya suka diajari mengenai caranya mengerjakan suatu pekerjaan
30-B. Saya mudah merasa jemu (bosan)
31-A. Saya bekerja keras
31-B. Saya banyak berpikir dan berencana
32-A. Saya memimpin kelompok
32-B. Hal-hal yang kecil (detail) menarik hati saya
33-A. Saya cepat dan mudah mengambil keputusan
33-B. Saya melakukan segala sesuatu secara rapih dan teratur
34-A. Tugas-tugas saya kerjakan secara cepat
34-B. Saya jarang marah atau sedih
35-A. Saya ingin menjadi bagian dari kelompok
35-B. Pada suatu waktu tertentu, saya hanya ingin mengerjakan satu tugas saja
36-A. Saya berusaha untuk intim dengan teman-teman saya
36-B. Saya berusaha keras untuk menjadi yang terbaik
37-A. Saya menyukai mode baju baru dan tipe-tipe mobil baru
37-B. Saya ingin menjadi penanggung jawab bagi orang-orang lain
38-A. Saya suka berdebat
38-B. Saya ingin diperhatikan
39-A. Saya suka menyenangkan hati orang yang memimpin saya
39-B. Saya tertarik menjadi anggota dari suatu kelompok
40-A. Saya senang mengikuti aturan secara tertib
40-B. Saya suka orang-orang mengenal saya benar-benar
41-A. Saya mencoba sekuat tenaga
41-B. Saya sangat menyenangkan
42-A. Orang lain beranggapan bahwa saya adalah seorang pemimpin yang baik
42-B. Saya berpikir jauh ke depan dan terinci
43-A. Seringkali saya memanfaatkan peluang
43-B. Saya senang memperhatikan hal-hal sampai sekecil-kecilnya
44-A. Orang lain menganggap saya bekerja cepat
44-B. Orang lain menganggap saya dapat melakukan penataan yang rapi dan teratur
45-A. Saya menyukai permainan-permainan dan olahraga
45-B. Saya sangat menyenangkan
46-A. Saya senang bila orang-orang dapat intim dan bersahabat
46-B. Saya selalu berusaha menyelesaikan apa yang telah saya mulai
47-A. Saya suka bereksperimen dan mencoba sesuatu yang baru
47-B. Saya suka mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang sulit dengan baik
48-A. Saya senang diperlakukan secara adil
48-B. Saya senang mengajari orang lain bagaimana caranya mengerjakan sesuatu
49-A. Saya suka mengerjakan apa yang diharapkan dari saya
49-B. Saya suka menarik perhatian
50-A. Saya suka petunjuk-petunjuk terinci dalam melakukan sesuatu pekerjaan
50-B. Saya senang berada bersama dengan orang-orang lain
51-A. Saya selalu berusaha mengerjakan tugas secara sempurna
51-B. Orang lain menganggap, saya tidak mengenal lelah, dalam kerja sehari-hari
52-A. Saya tergolong tipe pemimpin
52-B. Saya mudah berteman
53-A. Saya memanfaatkan peluang-peluang
53-B. Saya banyak berfikir
54-A. Saya bekerja dengan kecepatan yang mantap dan cepat
54-B. Saya senang mengerjakan hal-hal yang detail
55-A. Saya memliki banyak energi untuk permainan-permainan dan olahraga
55-B. Saya menempatkan segala sesuatunya secara rapih dan teratur
56-A. Saya bergaul baik dengan semua orang
56-B. Saya pandai mengendalikan diri
57-A. Saya ingin berkenalan dengan orang-orang baru dan mengerjakan hal baru
57-B. Saya selalu ingin menyelesaikan pekerjaan yang sudah saya mulai
58-A. Biasanya saya bersikeras mengenai apa yang saya yakini
58-B. Biasanya saya suka bekerja keras
59-A. Saya menyukai saran-saran dari orang-orang yang saya kagumi
59-B. Saya senang mengatur orang lain
60-A. Saya biarkan orang-orang lain mepengaruhi saya
60-B. Saya suka menerima banyak perhatian
61-A. Biasanya saya bekerja sangat keras
61-B. Biasanya saya bekerja cepat
62-A. Bila saya berbicara, kelompok akan mendengarkan
62-B. Saya terampil mempergunakan alat-alat kerja
63-A. Saya lambat membina persahabatan
63-B. Saya lambat dalam mengambil keputusan
64-A. Biasanya saya makan secara cepat
64-B. Saya suka membaca
65-A. Saya menyukai pekerjaan yang memungkinkan saya berkeliling
65-B. Saya menyukai pekerjaan yang harus dilakukan secara teliti
66-A. Saya berteman sebanyak mungkin
66-B. Saya dapat menemukan hal-hal yang telah saya pindahkan
67-A. Perencanaan saya jauh ke masa depan
67-B. Saya selalu menyenangkan
68-A. Saya merasa bangga akan nama baik saya
68-B. Saya tetap menekuni satu permasalahan sampai ia terselesaikan
69-A. Saya suka menyenangkan hati orang-orang yang saya kagumi
69-B. Saya suka menjadi seorang yang berhasil
70-A. Saya senang bila orang-orang lain mengambil keputusan untuk kelompok
70-B. Saya suka mengambil keputusan untuk kelompok
71-A. Saya selalu berusaha sangat keras
71-B. Saya cepat dan mudah mengambil keputusan
72-A. Biasanya kelompok saya mengerjakan hal-hal yang saya inginkan
72-B. Biasanya saya tergesa-gesa
73-A. Saya seringkali merasa lelah
73-B. Saya lambat dalam mengambil keputusan
74-A. Saya bekerja secara cepat
74-B. Saya mudah mendapat kawan
75-A. Biasanya saya bersemangat atau bergairah
75-B. Sebagian besar waktu saya untuk berpikir
76-A. Saya sangat hangat kepada orang-orang
76-B. Saya menyukai pekerjaan yang menuntut ketepatan
77-A. Saya banyak berpikir dan merencana
77-B. Saya meletakkan segala sesuatu pada tempatnya
78-A. Saya suka tugas yang perlu ditekuni sampai kepada hal sedetilnya
78-B. Saya tidak cepat marah
79-A. Saya senang mengikuti orang-orang yang saya kagumi
79-B. Saya selalu menyelesaikan pekerjaan yang saya mulai
80-A. Saya menyukai petunjuk-petunjuk yang jelas
80-B. Saya suka bekerja keras
81-A. Saya mengejar apa yang saya inginkan
81-B. Saya adalah seorang pemimpin yang baik
82-A. Saya membuat orang lain bekerja keras
82-B. Saya adalah seorang yang gampangan (tak banyak pertimbangan)
83-A. Saya membuat keputusan-keputusan secara cepat
83-B. Bicara saya cepat
84-A. Biasanya saya bekerja tergesa-gesa
84-B. Secara teratur saya berolahraga
85-A. Saya tidak suka bertemu dengan orang-orang
85-B. Saya cepat lelah
86-A. Saya mempunyai banyak sekali teman
86-B. Banyak waktu saya untuk berfikir
87-A. Saya suka bekerja dengan teori
87-B. Saya suka bekerja sedetil-detilnya
88-A. Saya suka bekerja sampai sedetil-detilnaya
88-B. Saya suka mengorganisir pekerjaan saya
89-A. Saya meletakkan segala sesuatu pada tempatnya
89-B. Saya selalu menyenangkan
90-A. Saya senang diberi petunjuk mengenai apa yang harus saya lakukan
90-B. Saya harus menyelesaikan apa yang sudah saya mulai
Cara Menjawab Tes PAPI Kostick
Setiap nomor memiliki dua pernyataan, kita bisa pilih salah satu. Pilihan harus sesuai dengan kepribadian untuk mendapat hasil yang efektif. Tidak ada jawaban yang salah karena ini sifatnya membaca kepribadian.
tes papi kostick |
Perhatikan terdapat dua anak panah (di atas dan di bawah) di masing-masing nomor. Setiap anak panah selalu mengarah dan berakhir di huruf.
Misalnya, soal nomor 24, dengan melihat arah anak panah ke kanan, melewati nomor 14, 4, arah diagonal ke bawah melewati soal nomor 5, 16, 27, 38, 49, 60 dan berakhir di huruf X di bawah lembar jawaban.
Penjelasan huruf-huruf
G = PERAN PEKERJA KERAS (Hard Intense Worked)
- Skor 3-4: bekerja untuk kesenangan saja, bukan hasil optimal
- Skor 4-7: kemauan bekerja keras tinggi
L = PERAN – PEMIMPIN (Leadership Role)
- Skor 5-9: memproyeksikan dirinya sebagai pemimpin suatu tingkat dimana, menggunakan orang lain untuk tujuannya.
- Skor 4-0: cendurung tidak secara aktif menggunakan orang lain dalam bekerja
I = PERAN – MEMBUAT KEPUTUSAN (Ease in Decision Making)
- Skor 0-2: ragu – menolak mengambil keputusan
- Skor 3-4: berhati hati membuat keputusan
- Skor 5-7: berhati hati – lancar dan mudah mengambil keputusan
- Skor 8-9: tidak ragu dalam mengambil keputusan
T = PERAN SIBUK (Pace)
- Skor <4: melakukan segala sesuatu menurut kemauannya sendiri
- Skor 4-6: tergolong aktif secara internal dan mental
V = PERAN PENUH SEMANGAT (Vigorous Type)
- Skor <5: cenderung pasif
- Skor 5-7: aktif secara fisik, cenderung sportif
S = PERAN HUBUNGAN SOSIAL (Social Extension)
- Skor <6: perhatian rendah terhadap hubungan social, kurang percaya pada orang lain
- Skor 6-9: kepercayaan tinggu dalam hubungan social, suka interaksi social
R = PERAN ORANG YANG TEORITIS (Theoretical Type)
- Skor 0-4: kurang perhatian, bersifat praktis
- Skor 5-9: nilai nilai penalaran tergolong tinggi
D = PERAN BEKERJA DENGAN HAL – HAL RINCI (Interest in Working With Details)
- Skor 0-3: menyadari kebutuhan akan kecermatan, tetapi tidak berminat bekerja detail
- Skor 4-9: minat tinggi untuk bekerja secara detail
C = PERAN MENGATUR (Organized Type)
- Skor 0-2: fleksibel – tidak teratur
- Skor 3-5: teratur tetapi tidak tergolong fleksibel
- Skor 6-9: keteraturan tinggi cenderung kaku
E = PERAN PENGENDALIAN EMOSI (Emotional Resistant)
- Skor <2: terbuka, cepat bereaksi, tidak normative
- Skor 2-3: terbuka
- Skor 4-6: punya pendekatan emosional seimbang ,mampu mengendalikan
- Skor > 6: sangat normative, kebutuhan pengendalian diri yang berlebihan
N = KEBUTUHAN MENYELESAIKAN TUGAS SECARA MANDIRI (Need to Finish Task)
- Skor <3: menunda atau menghindari pekerjaan
- Skor 3-4: berhati hati atau ragu dalam bekerja
- Skor 4-6: cukup bertanggung jawab pada pekerjaan
- Skor 6-9: tekun, tanggung jawab tinggi
A = KEBUTUHAN BERPRESTASI (Need to Achieve)
- Skor 0-5: ketidakpastian tujuan, kepuasan dalam suatu pekerjaan, tidak ada usaha lebih
- Skor 6-9: tujuan jelas, kubutuhan sukses dan ambisi tinggi
P = KEBUTUHAN – MENGATUR ORANG LAIN (Need to Control Others)
- Skor 5-9: tingkat kebutuhan untuk menerima tanggung jawab orang lain, menjadi orang yang bertanggung jawab.
- Skor 4-0: menurunnya keinginan untuk bertanggung jawab pada pekerjaan dan tindakan orang lain.
X = KEBUTUHAN UNTUK DIPERHATIKAN (Need to be Noticed)
- Skor <2: cenderung pemalu
- Skor 2-3: rendah hati, tulus
- Skor 4-5: memiliki pola perilaku yang unik
- Skor 6-9: membutuhkan perhatian nyata
B = KEBUTUHAN DITERIMA DALAM KELOMPOK (Need to Belong to Groups)
- Skor 0-3: selektif
- Skor 4-5: butuh diterima, tapi tidak mudah dipengaruhi kelompok
- Skor 6-9: butuh disukai dan diakui, mudah dipengaruhi
O = KEBUTUHAN KEDEKATAN DAN KASIH SAYANG (Need for Closeness and Affection)
- Skor <3: tidak suka hubungan perorangan
- Skor 3-4: sadar akan hubungan perorangan, tapi tidak terlalu tergantung
- Skor 5-9: sangat tergantung, butuh penerimaan diri
Z = KEBUTUHAN UNTUK BERUBAH (Need for Change)
- Skor 0-2: tidak suka berubah
- Skor 3-4: tidak suka perubahan jika dipaksakan
- Skor 5-6: mudah menyesuaikan diri
- Skor 6-7: membuat perubahan yang selektif, berfikir jauh kedepan
- Skor 8-9: mudah gelisah, frustasi, karena segala sesuatu tidak berjalan fantastis
K = KEBUTUHAN UNTUK AGRESIF (Need to be Forceful)
- Skor 0-2: menhindari masalah, menulak, untuk mengenali situasi sebagai masalah
- Skor 3-4: suka lingkungan tanang, menghindari konflik
- Skor 5: keras kepala
- Skor 6-7: agresi berhubungan dengan kerja, dorongan semangat bersaing
- Skor 8-9: agresif, cendering defensive
F = KEBUTUHAN – MEMBANTU ATASAN (Need to Support Authority)
- Skor 6-9: bersikap setia dan membantu, kemungkinan bantuannya bersifat politis
- Skor 4-5: setia terhadap perusahaan
- Skor 2-3: mengurus kepentingan sendiri
- Skor <2: cenderung egois, kemungkinan bisa memberontak
W = KEBUTUHAN MENGIKUTI ATURAN DAN PENGAWASAN (Need for Rules and Supervision)
- Skor <4: berorientasi pada tujuan, mandiri
- Skor 4-5: kebutuhan akan pengarahan dan harapan yang dirumuskan untuknya
- Skor 6-9: meningkatnya orientasi terhadap tugas dan membutuhkan instruksi yang jelas