Akademis

Sinonim Implementasi Menurut KBBI dan Penjelasannya

Sinonim implementasi adalah pelaksanaan, penerapan, eksekusi, realisasi, penyelenggaraan, pelaporan, pembuatan, pengaktualisasian, penyelesaian, pelanjutan, pengejawantahan.

Implementasi adalah proses atau langkah-langkah konkret yang dilakukan untuk menerapkan rencana atau konsep tertentu ke dalam praktik.

Artinya, implementasi mencakup segala sesuatu yang diperlukan untuk menjalankan suatu ide atau rencana yang telah dirancang sebelumnya, sehingga dapat berfungsi dengan baik dalam dunia nyata.

Baca juga: Sinonim Pariwara Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Sementara menurut KBBI, arti implementasi adalah:

  • Pelaksanaan; penerapan: pertemuan kedua ini bermaksud mencari bentuk — tentang hal yang disepakati dulu
  • Pengembangan versi kerja sistem dari desain yang diberikan

Dalam konteks bisnis atau teknologi, implementasi dapat merujuk pada proses pengembangan dan penggunaan aplikasi atau sistem yang baru.

Implementasi juga dapat mencakup pelaksanaan kebijakan atau program pemerintah, program sosial, atau program-program lainnya di bidang kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.

Penting untuk dicatat bahwa implementasi bukanlah satu-satunya tahap dalam suatu proyek atau rencana.

Sebelum implementasi dilakukan, harus ada tahap perencanaan yang matang, yaitu merumuskan tujuan, strategi, dan rencana tindakan yang akan diimplementasikan.

Setelah implementasi, diperlukan evaluasi dan pengawasan untuk memastikan keberhasilan implementasi dan melakukan perbaikan jika diperlukan.

Baca juga: Sinonim Fasilitas Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Evaluasi dan pengawasan merupakan tahapan yang sangat penting dalam implementasi, karena membantu untuk memastikan bahwa proyek atau program yang diimplementasikan dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuannya.

Selain itu, evaluasi dan pengawasan juga membantu untuk menemukan masalah atau hambatan dalam proses implementasi sehingga dapat segera diatasi sebelum mempengaruhi hasil akhir.

Dalam implementasi, diperlukan juga koordinasi dan kerjasama yang baik antara semua pihak yang terlibat, termasuk manajer, karyawan, dan pihak luar seperti pemerintah atau mitra bisnis.

Komunikasi yang efektif juga sangat penting, karena membantu untuk memastikan bahwa semua pihak memahami tujuan dan tindakan yang akan dilakukan, serta memperkuat kepercayaan dan dukungan terhadap proses implementasi.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)