Akademis

Pengertian Sinkronik dalam Sejarah dan Contohnya

Sinkronik adalah konsep yang merujuk pada hubungan antara waktu dan kejadian dalam sebuah konteks tertentu.

Kata ini berasal dari bahasa Yunani, yaitu “syn” yang berarti bersama-sama, dan “chronos” yang berarti waktu.

Sementara menurut KBBI, sinkron artinya:

  • (terjadi atau berlaku) pada waktu yang sama; serentak: pertumbuhan badan tidak terjadi secara — atau dalam kecepatan yang sama di seluruh badan
  • sejalan (dengan); sejajar; sesuai; selaras: program tersebut tampaknya kurang — dengan kebijakan pemerintah pusat; pembangunan harus — dengan kebutuhan rakyat

Pada dasarnya, sinkronik berkaitan dengan peristiwa yang terjadi secara bersamaan atau dalam waktu yang sama.

Ini mencakup keterkaitan antara fenomena, perubahan sosial, hubungan antara manusia dan alam, dan banyak hal lainnya.

Sinkronik memungkinkan kita melihat peristiwa sebagai bagian dari konteks waktu yang lebih luas dan memahami faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Pemahaman tentang sinkronik penting dalam berbagai bidang, termasuk ilmu sosial, linguistik, budaya, penelitian ilmiah, hubungan interpersonal, lingkungan alam, bisnis, dan pendidikan.

Baca juga: Pengertian & Perbedaan Sinkronik dan Diakronik Beserta Contohnya

Dalam ilmu sosial, sinkronik sering dikontraskan dengan diakronik, yang berkaitan dengan perubahan dalam rentang waktu.

Salah satu konsep utama yang terkait dengan sinkronik adalah “keberadaan dalam waktu”.

Ini berarti bahwa peristiwa atau fenomena tidak hanya dipahami sebagai entitas terpisah yang berdiri sendiri, tetapi juga dalam konteks waktu di mana mereka terjadi.

Misalnya, untuk memahami kebijakan sosial saat ini, kita harus melihat faktor-faktor historis yang membentuknya dan mempertimbangkan keadaan saat ini.

Sinkronik juga berperan penting dalam mempelajari perkembangan bahasa dan budaya.

Misalnya dalam linguistik, sinkronik dan diakronik adalah dua pendekatan yang berbeda untuk mempelajari bahasa.

Pendekatan sinkronik memfokuskan pada keadaan bahasa pada saat tertentu, sedangkan pendekatan diakronik melibatkan analisis perubahan bahasa dari waktu ke waktu.

Dalam budaya, sinkronik membantu kita memahami fenomena budaya yang terjadi pada saat yang sama.

Misalnya, tren mode yang populer saat ini dapat dijelaskan melalui penelitian tentang faktor-faktor sosial, ekonomi, dan politik yang mempengaruhinya pada waktu tertentu.

Begitu pula, dalam mempelajari sejarah seni, pemahaman tentang konteks sinkronik sangat penting untuk menghargai karya seni dan kecenderungan artistik pada masa itu.

Baca juga: Pengertian Ameliorasi dan Peyorasi Beserta Contohnya

Selain itu, sinkronik juga dapat diterapkan dalam analisis data dan penelitian ilmiah. Dalam penelitian, penting untuk memperhatikan hubungan waktu antara variabel yang diteliti.

Misalnya, dalam studi epidemiologi, data sinkronik dapat membantu mengidentifikasi hubungan antara faktor risiko dan kejadian penyakit.

Jadi dapat disimpulkan pengertian sinkronik adalah konsep yang penting dalam memahami hubungan antara waktu dan kejadian dalam berbagai aspek kehidupan.

Ini membantu kita melihat peristiwa sebagai bagian dari konteks waktu yang lebih luas dan memahami faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali menghadapi situasi yang membutuhkan pemahaman sinkronik.

Misalnya, dalam hubungan interpersonal, penting untuk memahami konteks waktu di mana masalah timbul atau konflik terjadi.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor sinkronik, seperti perubahan dalam kehidupan pribadi atau situasi eksternal, kita dapat mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang penyebab dan solusi yang mungkin.

Penting juga untuk memahami perubahan sinkronik dalam konteks lingkungan alam.

Perubahan iklim yang terjadi saat ini, misalnya, dapat dipahami melalui analisis data sinkronik yang melibatkan pengamatan jangka panjang tentang pola cuaca, perubahan suhu, dan dampaknya terhadap ekosistem.

Dengan memahami hubungan ini, kita dapat mengambil tindakan yang lebih efektif dalam melindungi lingkungan dan menjaga keseimbangan ekosistem.

Selain itu, dalam dunia bisnis dan ekonomi, pemahaman tentang sinkronik sangat penting. Mengikuti tren dan perubahan pasar yang sedang terjadi dapat membantu pengusaha dan investor mengambil keputusan yang tepat.

Dengan memperhatikan faktor-faktor sinkronik, seperti perubahan pola konsumen, kondisi ekonomi global, atau perkembangan teknologi, mereka dapat mengantisipasi perubahan dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk tetap kompetitif.

Dalam bidang pendidikan, pemahaman tentang sinkronik juga memainkan peran penting. Guru dan pendidik perlu memahami konteks waktu dalam mengajar materi tertentu.

Mereka harus mengaitkan informasi yang diajarkan dengan peristiwa sejarah, tren saat ini, atau perkembangan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dengan cara ini, siswa akan dapat menghubungkan pelajaran dengan dunia nyata dan melihat relevansi materi yang dipelajari dengan konteks yang lebih luas.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker