Pengertian Jumble Display (Pexels.com/Pavlo Luchkovski) |
Jumble display adalah konsep tampilan produk di toko ritel yang disusun secara acak atau tidak teratur.
Pada jumble display, produk ditempatkan tanpa pengaturan yang terstruktur atau pola yang jelas dengan tujuan menciptakan tampilan yang kacau, namun menarik perhatian pelanggan.
Dengan pengaturan yang tidak umum, jumble display bertujuan untuk menciptakan suasana yang unik, memancing rasa ingin tahu, dan mengundang eksplorasi produk.
Baca juga: Pengertian Facing Out Display dan Manfaat Untuk Promosi Produk
Strategi ini dapat memberikan kesan bahwa ada banyak pilihan yang tersedia dan memicu keinginan pelanggan untuk membeli produk secara tiba-tiba.
Jumble display sering digunakan untuk menampilkan produk dengan variasi warna, bentuk, atau jenis yang berbeda-beda.
Sebagai contoh, pernahkah kamu mengunjungi toko ritel dan melihat ada sebuah keranjang yang berisi baju-baju berantakan?
Itu salah satu konsep jumble display, dimana satu keranjang besar tersebut sengaja diisi dengan baju-baju yang berantakan agar menarik perhatian dari pelanggan sehingga meningkatkan konversi pembelian.
Baca juga: Pengertian Architectural Display dan Manfaatnya dalam Pameran Seni
Jumble display juga tidak terpakut aturan. Artinya setiap toko bebas untuk menata tampilan sekreatif mungkin untuk mengekspresikan gaya dan konsep yang unik.
Dengan mengatur produk secara acak, toko dapat menciptakan tampilan yang mencolok dan memikat perhatian pelanggan.
Jumble display sering digunakan di toko-toko yang menawarkan produk dengan beragam kategori, seperti toko pakaian, toko peralatan rumah tangga, atau toko suvenir.
Salah satu manfaat utama dari jumble display adalah menciptakan suasana yang berbeda dan menarik perhatian pelanggan.
Display yang tidak teratur dan berantakan ini sering kali menimbulkan rasa ingin tahu dan penasaran pada pelanggan untuk mengeksplorasi lebih lanjut.
Hal ini dapat meningkatkan interaksi dengan produk dan memungkinkan pelanggan menemukan item yang mungkin tidak mereka perhatikan dalam tampilan yang lebih terstruktur.
Baca juga: Pengertian Impulse Buying Display dan Manfaatnya Untuk Meningkatkan Penjualan
Selain itu, jumble display juga dapat memberikan kesan keberagaman dan pilihan yang luas.
Dengan menyajikan produk dalam tampilan yang acak, pelanggan dapat melihat banyak variasi produk sekaligus.
Hal ini dapat memberikan mereka persepsi bahwa ada banyak pilihan yang tersedia, memperluas opsi mereka, dan mendorong keputusan pembelian spontan.
Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun jumble display terlihat kacau, masih perlu memperhatikan tata letak yang aman dan menjaga kejelasan informasi produk.
Produk harus tetap mudah diidentifikasi dan memiliki informasi yang cukup untuk membantu pelanggan dalam pengambilan keputusan.