Pendidikan

Tunawicara Bisa Diketahui Sejak Anak Berusia 3 Tahun Jika Alami Beberapa Gejala Ini

Tunawicara adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan dalam berbicara atau melakukan komunikasi verbal.

Menurut menurut Murtie (2014:295) tunawicara adalah seorang yang mengalami gangguan pada perihal berbicara sehingga sulit untuk mengeluarkan suaranya atau mengatakan sesuatu dalam perihal berkomunikasi.

Tunawicara tergolong sebagai gangguan genetik serta tidak berfungsinya organ-organ untuk berbicara, seperti pita suara, rongga mulut, langit-langit, dan lidah.

Baca juga: 5 Cara Membunuh Kutu Scabies dan Telurnya dengan Mudah

Selain itu, cedera otak yang disebabkan oleh kecelakaan atau trauma dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berbicara dengan lancar.

Dikutip dari laman Halodoc, seseorang yang mengalami tunawicara biasanya mulai menunjukkan tanda-tanda ketika pada usia 3-5 tahun belum bisa berbicara dengan lancar.

Sebab, pada umumnya anak sudah mulai bisa mengucapkan lima kata ketika berusia 1,5 tahun.

Ketika memasuki usia 3-5 tahun, anak harusnya sudah bisa mengucapkan lebih banyak kata, meskipun artikulasinya tidak begitu jelas.

Baca juga: Ciri-Ciri ASI Basi yang Tak Layak Konsumsi, Bunda Harus Tahu!

Gejala Tunawicara

Setiap anak dengan tunawicara mungkin menunjukkan gejala yang berbeda-beda. Beberapa gejala umum yang mungkin muncul antara lain:

1. Kesulitan mengucapkan kata-kata

Anak dengan tunawicara mungkin mengalami kesulitan dalam mengucapkan kata-kata dengan jelas. Suara mereka bisa terdengar terputus-putus atau tidak teratur.

2. Masalah dalam berkomunikasi

Pemahaman terhadap bahasa menjadi sulit dimengerti bagi yang mengalami tunawicara. Anak mungkin merasa kesulitan dalam mengerti instruksi atau percakapan sehari-hari dari orang tua.

3. Keterbatasan dalam kosakata

Anak tunawicara mungkin memiliki keterbatasan dalam kosakata dan mengatur kata-kata dalam kalimat yang benar.

Kemudian, juga cenderung kesulitan dalam memilih kata yang tepat untuk mengungkapkan apa yang ada di pikirannya.

Baca juga: Kenapa Ibu Hamil Lebih Sensitif? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

4. Gangguan berbicara dengan lancar

Gejala anak tunawicara juga terlihat ketika mengalami kesulitan dalam berbicara dengan lancar. Bahkan, bisa juga menggunakan repetisi kata atau suara tertentu yang muncul secara tidak disengaja.

5. Cenderung pendiam

Kemudian, ciri-ciri anak mengalami tunawicara juga lebih cenderung pendiam dan menarik diri dari lingkungan karena ia berupaya untuk menghindari interaksi.

Ketika melihat adanya gejala-gejala tunawicara pada anak, orang tua dapat segera mengajak anak untuk diperiksa secara medis agar mengetahui secara akurat dan bagaimana cara penanganannya. ***

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker