Apa Itu Fellowship? Ini Pengertian, Manfaat, dan Perbedaannya dengan Scholarship

Dalam dunia pendidikan, tentu kita sering mendengar istilah fellowship bukan? Namun, meski cukup familiar, tak sedikit yang masih bingung apa arti fellowship.

Bahkan, banyak juga yang salah mengartikan dan menganggap fellowship sama saja dengan scholarship, padahal keduanya berbeda.

Jika kamu juga belum tahu pengertian fellowship, maka kamu harus baca artikel ini sampai habis agar tidak salah mengartikan.

Pada artikel ini, Sastrawacana.id akan memberikan informasi lengkap mengenai apa itu fellowship dan perbedaannya dengan scholarship. Yuk disimak!

Baca juga: Pengertian Project Based Learning, Manfaat, dan Contohnya

Pengertian Fellowship

Fellowship adalah bantuan biaya pendidikan yang dikhususkan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam satu bidang keilmuan secara spesifik.

Jadi, fellowship merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa untuk melakukan penelitian atau mendukung kegiatan akademik yang sifatnya khusus dalam satu disiplin ilmu.

Meski fellowship tersedia untuk berbagai jenjang perkuliahan, tapi lebih sering diberikan kepada mahasiswa pascasarjana dan program doktoral karena fellowship lebih mengacu pada sebuah penelitian khusus.

Tentu saja program akademik yang dibiayai oleh fellowship merupakan bidang studi dengan isu-isu tertentu yang berguna untuk kemaslahatan masyarakat luas.

Fellowship adalah dukungan finansial yang diberikan oleh lembaga atau instansi, baik negeri maupun swasta kepada mahasiswa berprestasi untuk meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Gelar M.Sc (Master of Science) dan Prospek Kerjanya

Manfaat Fellowship

Mahasiswa yang menerima fellowship mendapat berbagai manfaat. Adapun beberapa manfaat fellowship adalah sebagai berikut:

1. Peserta memiliki kesempatan untuk meningkatkan keahlian dalam bidang tertentu, baik melalui pembelajaran formal maupun melalui kolaborasi dan pertukaran pengetahuan dengan sesama peserta.

2.  Melalui fellowship, peserta dapat membangun jaringan dan hubungan yang berharga dengan para ahli, mentor, dan sesama peserta.

3. Penerima beasiswa dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh melalui fellowship untuk memecahkan masalah secara langsung melalui hasil riset.

4. Peserta bisa mendapat pengakuan serta penguatan profil secara profesional untuk membuka pintu dalam peluang karier yang lebih baik di masa depan.

5. Banyak program fellowship menyediakan dukungan finansial kepada peserta, seperti beasiswa atau tunjangan hidup selama proses pendidikan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Fakultas Ilmu Budaya dari Beberapa Universitas Ternama di Indonesia

Perbedaan Fellowship dan Scholarship

Jadi sebenarnya fellowship adalah beasiswa, layaknya scholarship. Hanya saja, fellowship lebih spesifik ke bidang tertentu. Sedangkan scholarship sifatnya lebih umum atau general.

Di sisi lain, fellowship lebih berfokus pada pengembangan profesional dan kolaborasi di bidang tertentu.

Fellowship diberikan kepada mahasiswa yang menunjukkan minat, komitmen, dan keahlian dalam bidang khusus, baik itu penelitian, pengembangan proyek, atau penerapan pengetahuan dalam praktik.

Maka tidak heran jika program fellowship lebih banyak diberikan kepada mahasiswa pascasarjana dan doktoral.

Kemudian, beberapa program fellowship juga tidak terbatas waktu seperti scholarship.

Dukungan finansial fellowship dapat berlangsung secara fleksibel, bisa hitungan hari hingga tahun, tergantung dari lamanya proses penelitian yang dilakukan.

Sementara scholarship memberi dukungan finansial dari mahasiswa masuk sampai lulus, layaknya program beasiswa secara umum.

Baca juga: 10 Asuransi Pendidikan Anak Terbaik Lengkap dengan Brosurnya

Dengan demikian, perbedaan utama antara fellowship dan scholarship terletak pada fokusnya.

Scholarship lebih berorientasi pada pendidikan formal dan memberikan dukungan finansial untuk mengejar gelar akademik.

Sementara fellowship lebih berfokus pada pengembangan profesional, penelitian, atau praktik di bidang tertentu, dengan memberikan dukungan finansial dan kesempatan untuk berkolaborasi dari para profesional di bidang tersebut.

Previous Post Next Post