Apa itu Kuliah Hybrid? Simak Penjelasan Lengkapnya Berikut Ini

Kuliah hybrid adalah metode pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran tatap muka (face-to-face) dan pembelajaran secara daring (online).

Jadi, sistem kuliah ini merupakan kombinasi antara kegiatan belajar di kelas dengan kegiatan belajar melalui platform digital.

Dalam kuliah hybrid, sebagian materi pembelajaran disampaikan secara langsung oleh dosen di kelas kepada mahasiswa.

Kemudian, pada saat yang sama, sebagian materi pembelajaran juga disampaikan secara daring melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, seperti platform e-learning, forum diskusi online, atau tugas daring.

Hybrid kuliah cukup populer beberapa tahun bekalangan ini, terutama sejak ada pembatasan fisik akibat pandemi.

Metode pembelajaran ini dapat memberikan pengalaman yang terintegrasi antara interaksi sosial dalam kelas dan kemudahan akses ke materi pembelajaran melalui teknologi digital.

Baca juga: 10 Rekomendasi Fakultas Ilmu Budaya dari Beberapa Universitas Ternama di Indonesia

Tujuan Kuliah Hybrid

Tujuan dari kuliah hybrid adalah untuk memanfaatkan keuntungan dari kedua metode pembelajaran tersebut.

Pembelajaran tatap muka memungkinkan interaksi langsung antara dosen dan mahasiswa, diskusi kelompok, serta akses langsung ke fasilitas pendukung seperti perpustakaan atau laboratorium.

Di sisi lain, pembelajaran daring memberikan fleksibilitas waktu dan tempat, sehingga memungkinkan akses materi pembelajaran kapan saja dan di mana saja.

Mereka dapat berinteraksi dengan dosen dan sesama mahasiswa dalam kelas, kemudian juga dapat mengakses materi pembelajaran secara online untuk melengkapi pemahaman mereka.

Baca juga: 10 Asuransi Pendidikan Anak Terbaik Lengkap dengan Brosurnya

hybrid kuliah
Sistem kuliah hybrid (pexels.com/Julia M Cameron)

Sistem Kuliah Hybrid

Dalam sistem hybrid kuliah, mahasiswa perlu mengikuti jadwal pembelajaran yang telah ditentukan, dimana mereka akan hadir di kelas pada waktu-waktu tertentu untuk sesi tatap muka.

Selama sesi tatap muka, dosen dapat memberikan penjelasan mendalam, menjawab pertanyaan, dan mengadakan diskusi secara langsung dengan mahasiswa.

Sementara itu, sebagian dari materi pembelajaran juga disampaikan secara daring.

Mahasiswa dapat mengakses bahan bacaan, video pembelajaran, atau tugas melalui platform online yang disediakan oleh institusi pendidikan.

Mahasiswa juga dapat mengatur waktu belajar mereka sendiri dan mempelajari materi tersebut melalui komputer, laptop, atau perangkat mobile dengan koneksi internet.

Selain itu, hybrid kuliah juga dapat melibatkan penggunaan alat dan teknologi, seperti konferensi video atau webinar.

Sehingga mahasiswa dapat berpartisipasi dalam presentasi atau diskusi secara online yang memungkinkan interaksi lebih luas antara mahasiswa dan dosen, meski terpisah jarak.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Banyak Disesali oleh Lulusannya

Kelebihan Kuliah Hybrid

Kuliah hybrid memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan menarik bagi mahasiswa di era teknologi saat ini. Berikut adalah beberapa kelebihannya:

1. Fleksibilitas waktu dan tempat

Salah satu kelebihan kuliah hybrid adalah fleksibilitasnya. Mahasiswa dapat mengatur waktu belajar dan memilih tempat sesuai dengan kenyamanannya.

Sehingga mereka dapat mengatur waktu jika terbentur dengan kegiatan lain, seperti pekerjaan paruh waktu atau aktivitas lainnya.

2. Kombinasi interaksi langsung dan pembelajaran daring

Kuliah hybrid menggabungkan interaksi langsung dalam kelas dengan pembelajaran daring sehingga mahasiswa memiliki kesempatan untuk bertemu dengan dosen dan sesama mahasiswa dalam sesi tatap muka.

Pada saat yang sama, mahasiswa juga dapat memanfaatkan keuntungan pembelajaran daring, seperti akses materi pembelajaran yang mudah dan ketersediaan materi pembelajaran yang praktis.

3. Meningkatkan keterampilan digital

Dalam kuliah hybrid, mahasiswa harus menggunakan teknologi digital yang tentu saja dapat meningkatkan keterampilan digital mereka.

Selain itu, mahasiswa juga akan belajar bagaimana berkomunikasi secara efektif melalui media digital dan mengelola informasi secara daring.

Baca juga: Prodi: Pengertian, Fungsi, Cara Memilih, Contoh, dan Jenjang Karier

4. Penghematan waktu dan biaya

Kuliah hybrid juga dapat membuat mahasiswa jadi lebih hemat waktu dan biaya.

Dengan sebagian materi pembelajaran yang disampaikan secara daring, mahasiswa tidak perlu menghabiskan waktu dan biaya untuk perjalanan ke kampus setiap hari.

Dengan kelebihan-kelebihan ini, kuliah hybrid menjadi pilihan yang menarik bagi mahasiswa. Apakah kamu tertarik kuliah hybrid juga?

Author: Maulana Affandi

Previous Post Next Post