15 Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli

pengertian kelompok sosial menurut para ahli

pengertian kelompok sosial menurut para ahli (pexels.com/fauxels)

Secara umum, kelompok sosial adalah sekelompok individu yang saling berinteraksi dan terhubung dalam suatu lingkungan

Kelompok sosial dapat memiliki karakteristik yang beragam, termasuk tujuan yang sama, norma dan nilai bersama, serta peran dan struktur yang terorganisir.

Kelompok sosial sering kali memiliki norma-norma, nilai-nilai, dan aturan yang diikuti oleh anggotanya.

Hal ini membantu mengatur perilaku dan interaksi dalam kelompok, serta membentuk identitas dan keanggotaan. Contoh kelompok sosial meliputi keluarga, teman, komunitas, organisasi, dan masyarakat.

Interaksi antara anggota kelompok sosial dapat beragam, mulai dari komunikasi sehari-hari hingga kolaborasi dalam mencapai tujuan bersama.

Baca juga: 10 Pengertian Kemiskinan Menurut Para Ahli

Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian kelompok sosial menurut para ahli.

1. Sherif and Sherif (1956)

Kelompok sosial adalah suatu unit sosial yang terdiri dari dua atau lebih individu yang telah mengadakan interaksi sosial yang cukup intensif dan teratur, sehingga di antara individu itu sudah terdapat pembagian tugas, struktur, dan norma-norma tertentu yang khas bagi kelompok itu.

2. Joseph S. Roucek & Roland S. Warren

Kelompok sosial adalah suatu kelompok yang meliputi dua atau lebih manusia yang diantara mereka terdapat beberapa pola interaksi yang dapat dipahami oleh para anggotanya/orang lain secara keseluruhan.

3. Roland Freedman Cs

Definisi kelompok sosial adalah organisasi terdiri atas 2 (dua) atau lebih individu yang tergantung oleh ikatan-ikatan suatu sistem ukuran-ukuran kelakuan yang diterima dan disetujui oleh semua anggotanya.

Baca juga: 10 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

4. Soejono Soekanto (2006:104)

Kelompok sosial atau social group adalah himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama, karena adanya hubungan di antara mereka. Hubungan tersebut antara lain menyangkut hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi dan juga suatu kesadaran untuk saling menolong.

5. Sarwono (2009)

Mendefinisikan kelompok sebagai sekelompok (dua orang atau lebih) yang memiliki persepsi sebagai satu kesatuan serta memiliki perasaan sebagai bagian dari kelompok, memiliki tujuan bersama dan saling ketergantungan satu sama lain.

6. Polak (2004)

Pengertian kelompok sosial adalah satu group, yaitu sejumlah orang yang ada antara hubungan satu sama lain dan hubungan itu bersifat sebagai sebuah struktur.

7. Jhonson & Jhonson (Sarwono 2009)

Mengatakan bahwa kelompok adalah dua atau lebih individu berinteraksi secara langsung, peduli dengan hubungannya dalam sebuah grup, saling peduli antara anggota grup, dan saling peduli dengan ketergantungan positif untuk berusaha mencapai tujuan bersama.

8. Schein (2003)

Memberikan pengertian kelompok sebagai sejumlah orang yang berbagi nilai (share) terhadap pandangan yang sama dari suatu masalah dan mengembangkan penyelesaian share tersebut.

Baca juga: 10 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

9. Purwasih, dkk (2018:48)

Mngemukakan pengertian kelompok sosial adalah kumpulan individu yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaannya dan saling berinteraksi. Tiap-tiap anggota kelompok sosial saling memperhatikan dan berhubungan satu sama lain.

10. Hendropuspito dalam Waluya (2009)

Arti kelompok sosial adalah suatu kumpulan nyata, teratur, dan tetap dari orang-orang yang melaksanakan peranannya yang saling berkaitan guna mencapai tujuan yang sama.

11. Abdul Syani (2007)

Istilah kelompok mempunyai pengertian sebagai suatu kumpulan dari orang-orang yang mempunyai hubungan dan berinteraksi, dimana dapat mengakibatkan tumbuhnya perasaan bersama.

12. Bruce J Cohen (1997)

Kelompok adalah sejumlah orang yang berinteraksi secara bersama-sama dan memiliki kesadaran keanggotaan yang didasarkan pada kehendak-kehendak prilaku yang disepakati.

Baca juga: 30 Pengertian Negara Menurut Para Ahli

13. Jusman Iskandar (2003)

Kelompok juga dapat didefinisikan sebagai setiap kumpulan yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi.

14. Huky (1987)

Kelompok merupakan suatu unit yang terdiri dari dua orang atau lebih, yang saling berinteraksi atau saling berkomunikasi.

15. George Homans

Kelompok sosial yaitu kumpulan individu yang melakukan kegiatan, interaksi & memiliki perasaan untuk membentuk suatu keseluruhan yang terorganisasi & berhubungan timbal balik.

Previous Post Next Post