5 Wisata Semarang Paling Populer Tahun 2023, Yuk Intip!

Rekomendasi Wisata Semarang (salokapark.com)


Berbicara tentang kota wisata yang ada di Jawa Tengah, tentu pikiran kita akan tertuju pada kota Yogyakarta.

Ya, kota tersebut memang memiliki ragam wisata yang wajib untuk dikunjungi. Namun, siapa sangka jika ternyata ada banyak rekomendasi wisata Semarang yang juga tak kalah menarik.

Kota yang terkenal akan makanan khas lumpianya tersebut rupanya menyimpan sejuta keindahan di dalamnya.

Ada banyak tempat jalan jalan Semarang, mulai dari wisata alam, wisata budaya, dan wisata kuliner yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Baca juga: Umbul Brondong, Wisata Kolam Alami di Klaten

Rekomendasi Wisata Semarang

Bagi kamu yang ingin jalan jalan di Semarang, tak perlu bingung lagi untuk memilih tempat wisata yang menarik. Simak daftar wisata Semarang paling populer tahun 2023 berikut ini.

1. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park

Saloka Theme Park (salokapark.com)

Semarang ternyata juga memiliki taman bermain raksasa yang bisa dikunjungi oleh keluarga, yakni Saloka Theme Park. Tempat ini menjadi destinasi favorit berbagai kalangan, terutama anak-anak.

Saloka Theme Park terletak di Kabupaten Semarang. Kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Kota Semarang.

Perlu diketahui bahwa tempat ini merupakan taman bermain paling besar di Jawa Tengah. Di dalamnya terdapat banyak wahana mulai dari yang biasa sampai yang ekstrem.

2. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang (Flickr.com/siska maria eviline)

Sebagian besar masyarakat mungkin sudah tidak asing dengan tempat wisata yang satu ini, yakni Kota Lama Semarang. Tempat wisata ini memiliki banyak sejarah yang tersimpan di dalamnya.

Disebut sebagai Kota Lama Semarang adalah karena memiliki gedung tua bergaya Eropa akibat peninggalan sejarah penjajahan di abad ke 19-20. Kota ini juga menjadi pusat perdagangan di kota Semarang pada abad tersebut.

Adanya gedung-gedung dengan bagungan kuno dan unik, maka menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk menikmati keindahannya.

Kota Lama Semarang terletak di Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jika ingin mengunjunginya, kamu tidak akan dikenakan biaya sepeserpun.

Baca juga: Museum Sandi Yogyakarta, Gudangnya Kriptografi Dunia

3. Kampung Pelangi

Kampung Pelangi Semarang

Kampung Pelangi Semarang (Flickr.com/Eurlich Allan)

Saat mendengar nama Kampung Pelangi, mungkin kamu akan mengingat sebuah kota di Jawa Timur, yakni Malang.

Akan tetapi, Kampung yang memiliki bangunang berwarna pelangi tersebut tak hanya berada di Malang saja loh.

Salah satu daerah Semarang ternyata juga memiliki wisata Kampung Pelangi yang tak kalah menarik dan memanjakan mata.

Menariknya, kampung ini ternyata dulunya merupakan kampung kumuh yang kemudian disulap menjadi kampung yang indah seperti pelangi.

Untuk menikmati keindahan Kampung Pelangi, kamu bisa menuju Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

4. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti Semarang (Frendy Firmansyah)

Menepi dari hiruk pikuk suasana kota yang begitu padat, kamu bisa mengunjungi salah satu tempat wisata Semarang yang mampu membuat hati dan pikiran menjadi tenang dan damai.

Ialah Umbul Sidomukti yang merupakan tempat wisata berlokasi di bawah kaki Gunung Ungaran. Di tempat ini, kamu bisa menikmati udara segar serta pemandangan menakjubkan.

Di tempat ini juga tersedia kolam renang dengan air alami berasal dari Gunung Ungaran yang tentu saja dapat menyegarkan tubuh. 

Jika ingin tinggal lebih lama, kamu juga bisa menginap di penginapan yang sudah tersedia. Jangan khawatir kelaparan karena disana ada banyak jenis makanan khas Semarang yang bisa kamu nikmati.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Untuk Kamu yang Hobi Traveling

5. Cimory on The Valley

Cimory on The Valley

Cimory on The Valley (wisatainfo)

Bagi kamu pecinta susu ataupun olahan susu sapi segar, tempat wisata satu mungkin akan menjadi pilihan tepat untuk dikunjungi ketika berkunjung ke Kota Semarang.

Cimory on the Valley merupakan sebuah tempat wisata yang dibangun oleh perusahan produk olahan susu sapi. Saat berkunjung, kamu bisa mencoba membeli susu segar, yogurt, dan olahan susu lainnya.

Tak hanya makanan dan minuman, kamu juga bisa menikmati pemandangan kebun binatang mini serta bangunan replika landmark duni.

Cimory on The Valley terletak di Kecamatan Bargas, Kota Semarang, Jawa Tengah. Untuk tiket masuknya, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp.15.000 - Rp.25.000.

Nah itulah rekomendasi wisata Semarang yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga maupun pasangan. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Semarang juga ya.

Author: Eva
Editor: Maulana Affandi

Previous Post Next Post