Akademis

10 Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli

Lembaga sosial adalah struktur atau organisasi yang secara formal atau informal diakui oleh masyarakat dan memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan sosial dan menjalankan fungsi-fungsi tertentu dalam masyarakat.

Lembaga sosial berperan dalam mengatur dan mengarahkan interaksi sosial serta membentuk pola-pola perilaku yang diakui dan diikuti oleh anggota masyarakat.

Contoh lembaga sosial meliputi keluarga, sekolah, agama, pemerintahan, sistem hukum, ekonomi, organisasi-organisasi masyarakat, dan sebagainya.

Setiap lembaga sosial memiliki aturan, norma, nilai, dan struktur yang mengatur perilaku individu dan kelompok dalam masyarakat.

Lembaga sosial berfungsi untuk memenuhi berbagai kebutuhan sosial, seperti pendidikan, pemeliharaan hubungan sosial, organisasi ekonomi, pemberian bantuan sosial, pemerintahan, dan pemeliharaan nilai-nilai budaya.

Baca juga: 10 Pengertian Masalah Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian lembaga sosial menurut para ahli.

1. Leopold Von Weise dan Becker

Lembaga social adalah jaringan proses hubungan antar manusia dan antar kelompok yang berfungsi memelihara hubungan itu beserta pola-polanya yang sesuai dengan minat kepentingan individu dan kelompoknya.

2. Robert Mac Iver dan C.H. Page

Lembaga social adalah prosedur atau tatacara yang telah diciptakan untuk mengatur hubungan antar manusia yang tergabung dalam suatu kelompok masyarakat.

3. Soerjono Soekanto

Pranata social adalah himpunana norma-norma dari segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok dalam kehiduppan masyarakat.

4. Koentjaraningkrat

Pranata social adalah suatu system tatakelakuan dan hubungan yang berpusat kepada akatifitas social untuk memenuhi kompleks-kompleks kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat.

Baca juga: 10 Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

5. W. Hamilton

Lembaga merupakan tata cara kehidupan kelompok, yang apabila dilanggar akan dijatuhi berbagai derajat sanksi.

6. Paul Horton dan Chester L. Hunt

Lembaga sosial adalah sistem norma-norma sosial dan hubungan-hubungan yang menyatukan nilai-nilai dan prosedur-prosedur tertentu dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

7. Peter L. Berger

Lembaga sosial adalah suatu prosedur yang menyebabkan perbuatan manusia ditekan oleh pola tertentu dan dipaksa bergerak melalui jalan yang dianggap sesuai dengan keinginan masyarakat.

8. Dede Rosyada (1994:163)

Melihat pranata-pranata sosial itu muncul dan berkembang sebagai refleksi dari sebuah kebudayaan.

Baca juga: 15 Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli

9. Bruce J. Cohen

Lembaga sosial merupakan sistem pola sosial yang tersusun rapi dan secara relatif bersifat permanen serta mengandung perilaku tertentu yang kokoh dan terpadu demi pemuasan dan pemenuhan kebutuhan pokok
manusia.

10. Harry M. Johnson

Lembaga sosial adalah seperangkat norma yang terinstitusionalisasi (institutionalized), yaitu: 1) Telah diterima sejumlah besar anggota sistem sosial; 2) Ditanggapi secara sungguh – sungguh; dan 3) Diwajibkan, dan terhadap pelanggarnya dikenakan sanksi tertentu.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker