Akademis

10 Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Secara harfiah, komunitas berasal dari bahasa latin, yaitu communities yang berarti publik, kebersamaan.

Maka, secara umum, komunitas dapat diartikan sebagai kelompok individu yang memiliki minat, tujuan, atau karakteristik yang sama.

Kelompok individu tersebut berkumpul bersama untuk saling berinteraksi, berbagi pengalaman, dan membangun hubungan sosial.

Tujuan utama dari komunitas adalah untuk menciptakan ikatan antara anggotanya, memfasilitasi pertukaran informasi, pengetahuan, dan pengalaman, serta memberikan dukungan dan saling membantu.

Komunitas juga bisa menjadi tempat bagi individu untuk mengekspresikan diri, mengembangkan minat atau bakat mereka, dan merasa diakui dan diterima.

Baca juga: 15 Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian komunitas menurut para ahli.

Artikel Terkait

1. Kertajaya Hermawan (2008)

Komunitas adalah sekelompok orang yang peduli satu sama lain yang lebih dari yang seharusnya, dimana dalam sebuah komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antar anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values.

2. Soenarno (2002)

Komunitas adalah sebuah identifikasi dan interaksi sosial yang dibangun dengan berbagai dimensi kebutuhan fungsional.

3. Mac Iver (Mansyur, cholil 1987:69)

Community diistilahkan sebagai persekutuan hidup atau paguyuban dan dimaknai sebagai suatu daerah masyarakat yang ditandai dengan beberapa tingkatan pertalian kelompok sosial satu sama lain.

4. Muzafer Sherif dalam buku Dinamika Kelompok (2009:36)

Kelompok sosial adalah suatu kesatuan sosial yang terdiri dari dua atau lebih individu yang telah mengadakan interaksi sosial yang cukup intensif dan teraratur, sehingga di antara individu itu sudah terdapat pembagian tugas, struktur, dan norma-norma tertentu.

Baca juga: 10 Pengertian Masalah Sosial Menurut Para Ahli

5. Iriantara (2004: 22)

Definisi komunitas merupakan “Sekumpulan individu yang mendiami lingkungan tertentu serta terkait dengan kepentingan yang sama.”

6. Wenger (1998: 63)

Pengertian komunitas adalah sebuah kontruksi sosial yang dibagun berdasarkan atas initial-interest dan tujuan yang serupa pada sebuah ikhtiar yang membentuk identitas komunitas tersebut.

7. McMillan dan Chavis (1986)

Komunitas merupakan kumpulan dari para anggotanya yang memiliki rasa saling memiliki, terikat diantara satu dan lainnya dan percaya bahwa kebutuhan para anggota akan terpenuhi selama para anggota berkomitmen untuk terus bersama-sama.

8. Jim Ife (1995 : 55)

Komunitas diartikan sebagai warga setempat yang dapat dibedakan dari masyarakat lebih luas melalui kepentingan bersama atau tingkat interaksi yang tinggi.

Baca juga: 10 Pengertian Komunikasi Bisnis Menurut Para Ahli

9. Cattel

Komunitas adalah sekumpulan individu yang dalam hubungannya dapat memuaskan kebutuhan satu dengan yang lainnya.

10. Fleder

Komunitas merupakan sekumpulan individu yang memiliki persamaan yang saling berdekatan dan terlibat dalam suatu tugas bersama. Alhasil, anggota-anggota komunitas saling bergantung dalam mencapai satu tujuan.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker