Akademis

15 Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Pemasaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan atau individu untuk mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan produk atau jasa kepada konsumen.

Tujuan utama dari pemasaran adalah memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, serta mencapai keuntungan bagi perusahaan.

Dalam pemasaran, terdapat berbagai strategi dan metode yang digunakan untuk mencapai target pasar.

Beberapa elemen penting dalam pemasaran meliputi penelitian pasar, pengembangan produk, penetapan harga, distribusi, promosi, dan manajemen hubungan dengan pelanggan.

Baca juga: 10 Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian pemasaran menurut para ahli.

1. American Marketing Assosiation dalam Sudaryono (2016 :41)

Pemasaran adalah fungsi dari organisasi dan serangkaian suatu proses penciptaan, mengkomunikasikan, dan menyampaikan nilai bagi para konsumen serta mengelola hubungan antara konsumen dengan perusahaan untuk memberikan manfaat bagi konsumen dan produsen.

2. Kotler (dalam Sudaryono, 2016 :41)

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana suatu individu ataupun kelompok mendapatkan apa yang mereka inginkan serta butuhkan dengan penciptaan dan pertukaran suatu produk.

3. Brech (dalam Sudaryono, 2016:39)

Pemasaran adalah proses menentukan permintaan konsumen atas sebuah produk atau jasa, memotivasi penjualan produk atau jasa tersebut.

4. Stanton (dalam Basu Swasta dan Irawan 2003:5)

Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan – kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menetukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

5. Dharmmesta dan Irawan (2000:10)

Konsep pemasaran adalah suatu falsafah bisnis yang menyatakan bahwa kepuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.

Baca juga: 10 Pengertian Data Menurut Para Ahli

6. Laksana (2019:1)

Pengertian pemasaran adalah bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan kegiatan transaksi produk barang atau jasa.

7. Tjiptono dan Diana (2020:3)

Pemasaran adalah proses menciptakan, mendistribusikan, mempromosikan, dan menetapkan harga barang, jasa dan gagasan untuk memfasilitasi relasi pertukaran yang memuaskan dengan para pelanggan dan untuk membangun dan mempertahankan relasi yang positif dengan para pemangkunkepentingan dalam lingkungan yang dinamis.

8. Limakrisna dan Purba (2017:4)

Definisi pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi.

9. Manap (2016:5)

Pemasaran adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, penentuan proses produk, promosi dan tempat atau distribusi, sekaligus merupakan proses sosial dan manajerial untuk mencapai
tujuan.

10. Sunyoto (2019:19)

Pemasaran adalah kegiatan manusia yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan langganan melalui proses pertukaran dan pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan.

11. Sedjati (2018)

Pemasaran mengandung arti segala usaha atau aktivitas dalam menyampaikan barang atau jasa para produsen kepada konsumen, dimana kegiatan tersebut ditujukan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan dalam cara tertentu yang disebut pertukaran.

Baca juga: 10 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

12. Tjahjaningsih & Soliha, 2015

Pemasaran adalah proses kemasyarakatan dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang dibutuhkan dan diinginkan melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran produk dan jasa dengan pihak lain.

13. Ii & Ethnocentrism (2016)

Menyatakan bahwa pemasaran merupakan dimensi pusat dari seluruh pasar yang dipandang oleh bisnis sebagai hasil dari pandangan konsumen.

14. Poniman & Choerudin, 2017

Manajeman Pemasaran adalah upaya secara sadar untuk mencapai hasil pertukaran yang diinginkan dengan pasar sasaran.

15. Assauri (2018:12)

Manajemen pemasaran merupakan kegiatan menciptakan, mempersiapkan, melaksanakan rencana yang dilakukan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)