Hiburan

Sejarah Ballon d’Or dan 5 Pemain yang Meraih Penghargaan Terbanyak Sepanjang Sejarah

Ballon d’Or adalah sebuah penghargaan sepak bola tahunan yang diberikan kepada pemain terbaik di dunia.

Penghargaan ini digagas oleh Gabriel Hanot yang meminta rekan-rekannya untuk memilih pemain terbaik di Eropa pada tahun 1956, yang saat itu dimenangkan oleh Stanley Matthews dari Blackpool.

Awalnya, hanya pemain asal negara Eropa yang bermain di klub-klub Eropa saja yang berhak menerima penghargaan ini.

Namun, perubahan aturan diberlakukan pada tahun 1995 sehingga memungkinkan pemain-pemain non-Eropa untuk mendapatkan penghargaan ini jika mereka bermain untuk klub Eropa.

Pemain non-Eropa pertama yang memenangkan penghargaan ini adalah pemain asal Liberia yang bermain untuk A.C. Milan, George Weah, yang memenangkannya pada tahun 1995.

Namun, Siapakah pemain yang meraih penghargaan Ballon D’or terbanyak?

Di artikel ini, Sastrawacana.id telah merangkum 5 pemain peraih Ballon D’or terbanyak sepanjang sejarah.

Baca Juga: 5 Pertandingan Terakhir Para Legenda Sepak Bola yang Sangat Berkesan, Bikin Satu Stadion Menangis

1. Marco van Basten

Marco van Basten adalah seorang manajer sepak bola dan mantan pemain sepak bola Belanda, yang pernah bermain untuk Ajax dan AC Milan, serta tim nasional Belanda, pada dekade 1980-an dan awal 1990-an.

Posisinya sebagai seorang penyerang dan dianggap sebagai salah satu pemain terhebat sepanjang masa.

Selama kariernya, dia telah mencetak kurang lebih 300 gol. Namun karena cedera, dia memutuskan untuk pensiun pada tahun 1993 di usianya yang masih 28 tahun.

Van Basten berhasil meraih tiga penghargaan Ballon d’Or sepanjang karirnya, yaitu pada tahun 1988, 1989, dan 1992.

2. Michel Platini

Michel Platini adalah mantan pemain sepak bola berkebangsaan Prancis yang membawa Juventus meraih gelar juara Liga Champions pada tahun 1985.

Pemain yang berposisi sebagai Gelandang ini berhasil tiga kali meraih penghargaan Ballon D’or, yaitu pada tahun 1983, 1984, dan 1985.

Saat ini ia adalah wakil presiden Federasi Sepak bola Prancis (FFF) serta menjadi Presiden Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA).

3. Johan Cruyff

Johan Cruyff adalah mantan pemain dan pelatih sepak bola berkebangsaan Belanda yang pernah bermain untuk Ajax dan Barcelona.

Dia juga menjadi bagian dari tim nasional Belanda yang melaju ke final Piala Dunia 1974, namun sayangnya harus tumbang atas Jerman Barat.

Cruyff dapat dikatakan sebagai pelopor dari terbentuknya salah satu taktik permainan paling indah di dunia, yaitu tiki-taka.

Cruyff berhasil meraih tiga penghargaan Ballon D’or sepanjang kariernya pada tahun 1971, 1973, dan 1974.

Johan meninggal dunia pada tanggal 24 Maret 2016 karena menderita kanker paru-paru yang didiagnosa sejak 2015 lalu.

Baca juga: 5 Pemain Top Dunia yang Pernah Bermain di Liga Indonesia

4. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo adalah Legenda sepak bola asal Portugal yang saat ini bermain di klub Arab Saudi Al-Nassr FC.

Dia sering dianggap sebagai pemain terbaik di dunia dan dianggap sebagai salah satu pemain terhebat sepanjang masa.

Dia sejauh ini memenangkan 34 trofi sepanjang kariernya, termasuk tujuh gelar liga, lima Liga Champions UEFA, satu Kejuaraan Eropa UEFA dan satu Liga Negara UEFA.

Ronaldo juga memegang rekor gol dan assist terbanyak di Liga Champions, gol terbanyak di Kejuaraan Eropa, dan gol internasional terbanyak oleh pemain pria.

Dia juga merupakan salah satu dari sedikit pemain yang tercatat telah membuat lebih dari 1.100 penampilan di sepanjang karier profesionalnya.

Sejauh ini, pemain berjuluk CR7 ini berhasil meraih lima penghargaan Ballon D’or. Dia mendapatkannya pada tahun 2008, 2013, 2014, 2016, dan 2017.

5. Lionel Messi

Lionel Messi adalah Legenda sepak bola dunia yang berasal dari Argentina yang saat ini bermain untuk klub Major League Soccer Inter Miami CF.

Dia juga sering dianggap sebagai pemain terbaik di dunia dan dianggap sebagai pemain terhebat sepanjang masa.

Dia menghabiskan seluruh karier profesionalnya bersama Barcelona, dimana ia memenangkan 34 piala, yaitu sepuluh gelar La Liga, tujuh gelar Copa del Rey dan empat Liga Champions UEFA.

Messi memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di La Liga.

Gol terbanyak di La Liga dan Eropa dalam satu musim, hat-trick terbanyak di La Liga dan Liga Champions, serta assist terbanyak di La Liga.

Dia juga berhasil membawa timnas Argentina meraih gelar juara Piala Dunia pada tahun 2022 di Qatar.

Messi sejauh ini berhasil mendapatkan tujuh penghargaan Ballon d’Or, yaitu pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019, dan 2021.

Hal ini membuatnya menjadi peraih penghargaan Ballon d’Or terbanyak sepanjang sejarah.

Itulah 5 peraih penghargaan Ballon d’Or terbanyak sepanjang sejarah. Baca artikel sepak bola lainnya di Sastrawacana.id.

Author: Nobel Rahmat Sani

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)