Akademis

10 Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Wirausaha adalah seseorang yang menciptakan, mengelola, dan mengembangkan usaha atau bisnis dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Wirausaha biasanya bertanggung jawab atas berbagai aspek bisnis, seperti perencanaan, pengorganisasian, pengambilan keputusan, pemasaran, dan pengelolaan sumber daya.

Seorang wirausaha memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi peluang bisnis, mengatasi tantangan, mengambil risiko, dan berinovasi guna mencapai kesuksesan dalam dunia bisnis.

Wirausaha memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara karena mereka menciptakan lapangan kerja, mendorong inovasi, dan berkontribusi pada pembangunan ekonomi secara keseluruhan.

Baca juga: 10 Pengertian Administrasi Keuangan Menurut Para Ahli

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian wirausaha menurut para ahli.

1. Kasmir dalam Harmaizar (2009 : 12)

Pengertian wirausaha adalah orang yang berjiwa berani mengambil risiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan. Wirausaha adalah pelaku utama dalam pembangunan ekonomi dengan fungsinya sebagai pelaku inovasi atau pencipta kreasi-kreasi baru.

2. Arif F. Hadipranata

Arti wirausaha adalah sosok pengambil risiko yang diperlukan untuk mengatur dan mengelola bisnis serta menerima keuntungan financial ataupun non uang.

3. Filion dalam Suryana, Yayan dan Kartib Bayu (2010 : 16)

Definisi wirausaha adalah orang yang imajinatif, yang ditandai oleh kemampuannya dalam menetapkan sasaran serta dapat mencapai sasaran-sasaran itu.

4. Schumpeter dalam Alma (2011 : 9)

Wirausaha adalah orang yang mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru.

5. Geoffrey G. Meredith et. Al (1995)

Wirausaha adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis; mengumpulkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan daripadanya serta mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan kesuksesan.

6. Skinner (1992)

Wirausaha (interpreneur) merupan seseorang yang mengambil risiko yang diperlukan untuk mengorganisasikan dan mengelola suatu bisnis dan menerima imbalan/balas jasa berupa profit finansial maupun non finansial.

7. Andrew J Dubrin

Wirausaha adalah seorang yang bertugas menjalankan dan membangun bisnis secara inovatif.

8. Kathleen

Wirausaha adalah orang yang menjalankan, mengatur dan mengambil resiko untuk pekerjaan yang akan dikerjaan selama ada di dunia bisnis.

9. Jean Baptista Say

Wirausaha adalah agen menggabungkan bermacam – macam alat produksi dan menemukan nilai produk.

10. Frank Knight

Wirausaha adalah orang yang berusaha memecahakn masalah dan memprediksi perubahan pasar. Selain itu siap menghadapi ketidak stabilan dinamika pasar, dan diharuskan melakukan semua fungsi manajerial dasar.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker