Lifestyle

Poster: Pengertian Menurut Ahli, Fungsi, Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya

Pengertian Poster

Poster adalah gambar atau cetakan yang digunakan untuk menyampaikan pesan, informasi, atau promosi secara visual.

Biasanya, poster berisi kombinasi teks, gambar, dan grafik yang dirancang untuk menarik perhatian dan menyampaikan pesan dengan jelas dan efektif.

Poster dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti promosi acara, kampanye sosial, pemasaran produk, atau penyampaian informasi penting kepada masyarakat.

Poster seringkali dipajang di tempat-tempat umum seperti jalan raya, sekolah, pusat perbelanjaan, dan lokasi strategis lainnya untuk mencapai audiens yang lebih luas. Desain dan konten poster sangat bervariasi tergantung pada tujuan dan target audiensnya.

Baca juga: Pengertian Impulse Buying Display dan Manfaatnya Untuk Meningkatkan Penjualan

Pengertian Poster Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian poster menurut para ahli.

1. Kustandi dan Sutjipto (2011:50)

Menyebutkan bahwa poster merupakan media komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan singkat, padat, dan impresif, karena ukurannya yang relatif besar.

2. Hasnun (2006:253)

Pengertian poster merupakan gambar atau tulisan di atas kertas atau kain yang dipasang di tempat umum berisi pemberitahuan.

3. Sudjana dan Rivai (2005: 51)

Poster adalah kombinasi visual dari rancangan yang kuat, dengan warna, dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang yang lewat tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti di dalam ingatannya.

4. Sabri (dalam Musfiqon, 2012:85)

Poster merupakan penggambaran yang ditunjukkan sebagai pemberitahuan, peringatan, maupun penggugah selera yang biasanya berisi gambar-gambar.

5. Sri Anitah (2008:12)

Poster merupakan suuatu gambar yang mengkombinasikan unsur-unsur visual seperti garis, gambar dan kata kata dengan maksud menarik perhatian serta mengkomunikasikan pesan secara singkat.

6. Rudi susilana dan Cepi Riana (2009: 14)

Definisi poster yaitu sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok, dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.

7. Sulaeman (Yaszak, Ma’aruf, & Yennita, 2015)

Poster merupakan sebuah gambar yang besar yang memberi penekanan pada satu atau dua ide pokok sehingga dapat dimengerti dengan hanya melihatnya sepintas.

8. Sadiman dalam Rumalean (2014)

Media poster sebagai media pembelajaran dapat berfungsi untuk menarik perhatian peserta didik dan membantu guru membangun suasana belajar di kelas yang kondusif dan menjadi pusat perhatian bagi peserta didik.

9. Rokhnawati (2008:23)

Poster merupakan salah satu media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi antara keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai.

10. Maryati (2008:88)

Poster merupakan gambar-gambar yang dirancang sedemikian rupa sehingga menarik perhatian, sedikit menggunakan kata-kata, dicetak pada sehelai kertas/ bahan yang ditempel pada tempat tertentu.

Baca juga: Apa Itu Ilustrasi? Simak Pengertian, Ciri, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Fungsi Poster

Beberapa fungsi poster antara lain sebagai berikut:

Poster memiliki beberapa fungsi penting, antara lain:

1. Media Informasi

Poster digunakan untuk menyampaikan informasi tertentu kepada audiens seperti informasi tentang acara, produk, layanan, atau pesan penting lainnya.

2. Promosi

Poster sering digunakan sebagai alat promosi untuk memasarkan produk, acara, atau layanan. Desain yang menarik dapat membantu menarik perhatian dan menghasilkan minat dari calon konsumen atau peserta.

3. Edukasi

Poster dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan atau pendidikan kepada audiens. Contohnya, poster di sekolah atau museum yang menjelaskan topik tertentu atau mempromosikan pembelajaran.

4. Kesadaran Sosial

Poster sering digunakan dalam kampanye sosial untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu penting seperti kesehatan, lingkungan, atau hak asasi manusia.

5. Penggalangan Dana

Poster dapat digunakan untuk menggalang dana atau dukungan untuk tujuan tertentu, seperti amal, yayasan, atau proyek masyarakat.

6. Dekorasi

Poster juga digunakan untuk tujuan dekoratif, baik di rumah, kantor, atau tempat-tempat umum. Poster seni atau poster musik sering digunakan untuk menambah suasana.

7. Pendidikan Visual

Poster dapat digunakan dalam konteks pendidikan sebagai alat bantu visual untuk membantu siswa memahami konsep-konsep yang diajarkan.

8. Pengingat

Poster yang ditempatkan di tempat-tempat yang sering dikunjungi bisa berfungsi sebagai pengingat. Misalnya, poster aturan keselamatan di tempat kerja atau petunjuk tindakan darurat di gedung-gedung umum.

9. Motivasi

Poster dengan kutipan-kutipan inspiratif atau gambar motivasional bisa menjadi sumber motivasi dan semangat bagi individu.

10. Identitas Merek

Poster dapat membantu membangun identitas merek dengan menampilkan logo, slogan, atau elemen-elemen merek lainnya.

Beberapa fungsi poster di atas sejalan dengan yang dikemukakan oleh Sudjana dan Rivai (2005:56) yang menyebutkan beberapa fungsi dan tujuan poster, antara lain: (1) sebagai motivasi, (2) sebagai peringatan, dan (3) sebagai pengalaman yang kreatif.

Ciri-Ciri Poster

Poster memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dengan seni desain visual lainnya. Adapun ciri-ciri dari poster adalah sebagai berikut:

  1. Berisi gambar dan tulisan atau kalimat yang sesuai dengan konteks.
  2. Tulisan di dalam poster singkat, padat, dan jelas.
  3. Tulisan di dalam poster bersifat persuasif (ajakan).
  4. Pemberian gambar/photo dan tulisan proposional.
  5. Jika poster digunakan untuk promosi merek, ada identitas seperti logo.
  6. Mengandung tulisan untuk aksi atau ajakan.
  7. Dimuat di tempat-tempat strategis.

Sementara menurut Arief S. Sadiman (dalam Musfiqon, 2012: 85), ciri-ciri poster yang baik yaitu:

  1. sederhana;
  2. menyajikan satu ide dan untuk mencapai satu tujuan pokok;
  3. berwarna;
  4. slogannya;
  5. tulisannya jelas;
  6. motif dan tulisannya bervariasi.

Jenis-Jenis Poster

Adapun jenis-jenis poster adalah sebagai berikut:

1. Poster Niaga

Poster niaga adala media komunikasi dalam urusan perniagaan untuk menawarkan suatu barang dan jasa yang memuat informasi tentang kegiatan perdagangan ataupun mempromosikan sesuatu.

2. Poster Kegiatan

Poster kegiatan adalah poster yang berisi informasi mengenai suatu acara atau kegiatan dengan tujuan agar ada banyak orang yang hadir dan meramaikan kegiatan tersebut.

3. Poster Pendidikan

Poster pendidikan adalah poster edukasi yang bertujuan untuk mendidik dan berisikan tentang hal-hal yang bertemakan pendidikan.

4. Poster Layanan Masyarakat

Poster layanan masyarakat adalah media informasi publik yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat, seperti sosialisasi program baru yang di buat oleh pemerintah kepada masyarakat.

Contoh Poster

Berikut ini adalah beberapa contoh poster tentang berbagai konteks.

1. Contoh Poster Kegiatan

contoh poster kegiatan
contoh poster kegiatan (flickr.com/Trend Dunia)
poster kegiatan
poster kegiatan (flickr.com/kalafajri)

2. Contoh Poster Pendidikan

contoh poster pendidikan
contoh poster pendidikan (flickr.com/maksum udin)
poster pendidikan
poster pendidikan (nafirizcom)

3. Contoh Poster Layanan Masyarakat

contoh poster layanan masyarakat
contoh poster layanan masyarakat (flickr.com/Rayi Christian Wicaksono)
poster layanan masyarakat
poster layanan masyarakat (cynthiaidp blogspot)

4. Contoh Poster Niaga

contoh poster niaga
contoh poster niaga (flickr.com/Christian Theo)
contoh poster iklan
contoh poster iklan (flickr.com/Norazizah Mohamed)

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker