Hiburan

9 Ciri-Ciri Anjing Hamil yang Perlu Kamu Ketahui

Anjing hamil membawa kebahagiaan tersendiri bagi pemiliknya, namun perlu perawatan ekstra.

Masa kehamilan anjing adalah periode yang penting dan penuh perubahan, dimana perawatan yang baik akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan anjing selama masa kehamilan.

Maka, sebagai pet parents hendaknya mengetahui apa saja ciri-ciri anjing hamil agar bisa merawat dengan lebih baik serta penanganan yang tepat.

Ciri-Ciri Anjing Hamil

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri anjing hamil, antara lain:

1. Perubahan Perilaku

Salah satu tanda awal kehamilan adalah perubahan perilaku. Anjing mungkin menjadi lebih tenang, lembut, atau kurang aktif dari biasanya. Selain itu, anjing cenderung mencari perhatian atau kasih sayang dari pemiliknya.

2. Muntah dan Mual

Anjing hamil seringkali mengalami mual dan muntah pada tahap awal kehamilan, yang dapat menyebabkannya menolak makan atau mengalami perubahan dalam kebiasaan makan.

3. Peningkatan Berat Badan

Selama kehamilan, anjing akan mengalami peningkatan berat badan yang lebih terlihat terutama di bagian perut dan pinggul. Perut anjing bisa terlihat lebih besar dan bulat.

4. Pembengkakan Payudara

Payudara anjing yang hamil akan mengalami pembengkakan dan menjadi lebih keras. Ini adalah persiapan tubuh anjing untuk menyusui bayi anjing setelah melahirkan.

5. Perubahan Pada Alat Kelamin

Akan ada perubahan pada alat kelamin anjing yang terlihat, seperti membesar dan berwarna lebih gelap.

6. Perubahan Frekuensi Buang Air Kecil

Anjing hamil mungkin harus buang air kecil lebih sering, terutama ketika mendekati masa melahirkan karena tekanan pada kandung kemih.

7. Peningkatan Nafsu Makan

Meskipun pada awalnya mungkin mengalami mual, seiring berjalannya kehamilan, anjing bisa mengalami peningkatan nafsu makan.

8. Perubahan Napas

Anjing hamil dapat mengalami perubahan dalam pola pernapasan. Napas bisa menjadi lebih dalam dan seringkali lebih cepat.

9. Mencari Tempat Bersarang

Memasuki fase akhir kehamilan, anjing biasanya mencari tempat untuk bersarang yang dirasa aman untuk diri dan bayi yang akan dilahirkan nanti.

Biasanya sarang tersebut dibuat senyaman mungkin, seperti membuat tumpukan kain yang disobek.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri anjing hamil yang perlu kamu ketahui agar bisa memberikan perhatian lebih kepada hewan kesayanganmu.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker