Lifestyle

Pengertian Penyakit Hati dalam Islam dan Contohnya

Pengertian Penyakit Hati dalam Islam

Penyakit hati dalam Islam adalah sikap negatif atau karakter buruk yang ada dalam hati seseorang. Penyakit hati ini tidak terkait dengan organ fisik hati, tetapi lebih kepada keadaan batin seseorang yang dapat menghalangi pertumbuhan spiritual dan keberkahan dalam hidup.

“Dan Adapun orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, Maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka, disamping kekafirannya (yang telah ada) dan mereka mati dalam Keadaan kafir.” (QS. At-Taubah [9] : 125).

“Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta.” (QS. AlBaqarah [2], 10).

Penyakit hati disebabkan oleh berbagai hal, seperti kedengkian. Imam al-Ghazali menjelaskan bahwa penyebab utama rasa dengki adalah cinta kepada dunia.

Orang yang mencintai dunia akan mendengki orang lain disebabkan oleh kemakmuran, kekayaan, kekuasaan, dan popularitasnya.

Dalam As-Suluk al-Ijtima’i disebutkan bahwa hasad atau kedengkian tergolong sebagai benci kepada ketentuan Allah dalam hal Allah melebihkan sebagian hamba-Nya atas sebagian yang lain.

Namun, yang paling mendasar adalah penyakit hati muncul karena terjadinya kerusakan, terutama pada persepsi dan keinginan (nafsu).

Baca juga: Pengertian Tashawwur Islam dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Penyakit Hati dalam Islam

Beberapa contoh penyakit hati dalam Islam adalah sebagai berikut:

1. Hasad

Hasad adalah perasaan iri hati atau dengki terhadap keberhasilan atau kebahagiaan orang lain. Islam mengajarkan agar umatnya menjauhi perasaan ini dan berusaha merasa ikut bahagia dengan keberhasilan sesama.

2. Kedengkian

Kedengkian adalah bentuk hasad yang lebih parah, dimana seseorang berharap agar orang lain kehilangan apa yang mereka miliki, bahkan jika itu berarti kerugian bagi diri mereka sendiri.

3. Kebencian

Kebencian adalah perasaan negatif yang mendalam terhadap seseorang atau kelompok tertentu tanpa alasan yang jelas dan adil.

4. Sifat sombong

Sifat sombong adalah perasaan superioritas yang berlebihan dan merendahkan orang lain. Islam menekankan kerendahan hati sebagai nilai penting.

5. Cinta kepada dunia

Terlalu mencintai dunia dan materi, sehingga seseorang melupakan aspek spiritual dan akhirat dalam hidup mereka.

6. Tidak adil

Ketidakadilan adalah perlakuan yang tidak adil terhadap orang lain, yang dapat menciptakan kebencian dan permusuhan.

7. Munafik

Munafik adalah perilaku atau tindakan palsu yang bertentangan dengan keyakinan atau niat sebenarnya.

8. Dusta

Dusta adalah berbicara atau bertindak dengan tidak jujur, yang bertentangan dengan nilai-nilai kejujuran dan kebenaran dalam Islam.

9. Dendam

Dendam adalah perasaan ingin membalas dendam atau menyakiti orang lain karena perasaan marah atau sakit hati.

10. Pamer

Pamer adalah perilaku dengan sengaja menunjukkan atau memamerkan prestasi, harta, atau kelebihan dengan tujuan untuk mendapatkan perhatian, pujian, atau pengakuan dari orang lain.

Nah, itulah pengertian dan macam macam penyakit hati dalam Islam yang hendaknya kita jauhi. Semoga bermanfaat.

Sumber: digilib.uin-suka.ac.id

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker