Lifestyle

Mengenal Apa Itu Efikasi Diri dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pengertian Efikasi Diri

Efikasi diri adalah keyakinan atau persepsi seseorang terhadap kemampuan diri sendiri untuk mencapai sukses dalam berbagai tugas atau situasi.

Persepsi ini adalah pandangan terhadap diri sendiri terkait dengan sejauh mana kemampuan diri mengatasi tantangan, mencapai tujuan, dan melakukan tugas-tugas dengan baik.

Menurut Alwisol (2010) “Efikasi adalah penilaian diri, apakah dapat melakukan tindakan yang baik atau buruk, tepat atau salah, bisa atau tidak bisa mengerjakan sesuai dengan yang dipersyaratkan”.

Efikasi diri berperan penting dalam memotivasi diri sendiri. Seseorang yang memiliki tingkat efikasi diri tinggi cenderung lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan dan lebih termotivasi untuk mencapai tujuan.

Sebaliknya, seseorang dengan tingkat efikasi diri yang rendah mungkin merasa ragu-ragu dan kurang termotivasi untuk mengatasi hambatan.

Efikasi diri dapat dibentuk dan ditingkatkan melalui pengalaman positif, dukungan sosial, dan pembelajaran.

Meningkatkan efikasi diri dapat membantu seseorang meraih prestasi lebih tinggi dan merasa lebih percaya diri dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Manfaat Efikasi Diri

Efikasi diri yang tinggi dapat memberikan berbagai manfaat bagi seseorang. Berikut adalah beberapa manfaat efikasi diri antara lain:

1. Punya Motivasi Tinggi

Seseorang dengan efikasi diri yang tinggi cenderung lebih termotivasi untuk mengejar tujuannya. Dia memiliki keyakinan bahwa usaha kerasnya akan membuahkan hasil positif.

2. Kinerja Jadi Lebih Baik

Orang yang merasa percaya diri dengan kemampuan sendiri cenderung berhasil dalam berbagai tugas dan pekerjaan. Sehingga memiliki dorongan internal untuk berusaha lebih keras untuk mencapai hasil yang lebih baik.

3. Berani Menghadapi Tantangan

Efikasi diri yang tinggi membantu seseorang mengatasi hambatan dan tantangan dengan lebih baik. Dia tidak mudah menyerah saat menghadapi rintangan dan lebih siap untuk mencari solusi.

4. Kesehatan Psikologis

Merasa efikasi diri yang tinggi dapat meningkatkan kesehatan psikologis karena cenderung merasa lebih bahagia, puas, dan memiliki tingkat stres yang lebih rendah.

5. Punya Mental Baja

Efikasi diri yang kuat dapat berperan dalam meningkatkan ketahanan mental seseorang terhadap tekanan dan kejadian negatif karena lebih mampu menghadapi stres dan krisis dengan lebih baik.

6. Bersikap Positif

Seseorang dengan efikasi diri yang tinggi cenderung memiliki sikap positif terhadap diri sendiri dan kehidupan secara umum. Sebab, ada optimis bahwa dirinya dapat mengatasi berbagai masalah yang muncul.

7. Mampu Menerima Kegagalan

Orang dengan efikasi diri yang tinggi lebih mampu mengatasi kegagalan dan kegagalan karena cenderung melihat kegagalan sebagai peluang untuk belajar dan tumbuh menjadi lebih baik.

8. Bijak dalam Mengambil Keputusan

Seseorang yang memiliki efikasi diri yang kuat biasanya membuat keputusan yang lebih bijak karena memiliki keyakinan untuk menilai situasi sehingga membuat pilihan yang tepat.

9. Punya Hubungan Positif

Efikasi diri yang tinggi juga dapat memengaruhi hubungan interpersonal. Seseorang yang percaya diri cenderung lebih baik dalam berkomunikasi dan menjalin hubungan yang sehat.

10. Kesuksesan

Efikasi diri yang tinggi juga dapat berkontribusi pada keberhasilan karir seseorang dan cenderung mencapai posisi yang lebih tinggi serta sukses dalam pekerjaan.

x
Close

Adblock Detected

Please turn off Ad Blocker