Pendidikan

Mengenal Apa Itu Sempro Sebelum Menyusun Skripsi

Apa Itu Sempro?

Sempro adalah singkatan dari “seminar proposal” yang merupakan tahap penting dalam menyusun skripsi untuk mempresentasikan rencana penelitian kepada dosen pembimbing dan dosen penguji.

Sempro skripsi adalah acara di mana seorang mahasiswa mempresentasikan rencana penelitian skripsinya kepada dosen pembimbing dan penguji lainnya.

Tujuan dari sempro adalah untuk membahas dan mendapatkan persetujuan atas rencana penelitian yang akan dilakukan oleh mahasiswa.

Dalam menyusun sempro, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, antara lain:

  • Judul Skripsi: Judul yang jelas dan deskriptif yang menggambarkan topik penelitian skripsi.
  • Latar Belakang: Penjelasan mengenai latar belakang masalah yang menjadi dasar penelitian.
  • Rumusan Masalah: Pernyataan yang mengidentifikasi permasalahan atau pertanyaan penelitian yang akan dijawab dalam skripsi.
  • Tujuan Penelitian: Penjelasan mengenai tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini, seperti apa yang akan ditemukan atau dihasilkan.
  • Manfaat Penelitian: Penjelasan mengenai manfaat penelitian ini, baik secara akademis maupun praktis.
  • Kerangka Konseptual: Pemaparan teori atau kerangka konseptual yang akan digunakan sebagai dasar analisis dalam penelitian.
  • Metode Penelitian: Penjelasan mengenai metode penelitian yang akan digunakan, seperti metode pengumpulan data, instrumen penelitian, dan teknik analisis data.
  • Rencana Kegiatan Penelitian: Penjelasan mengenai langkah-langkah konkret yang akan diambil selama pelaksanaan penelitian, termasuk jadwal kegiatan.
  • Rencana Analisis Data: Penjelasan mengenai cara data akan dianalisis, termasuk perangkat lunak atau alat yang akan digunakan.
  • Referensi: Daftar referensi yang digunakan sebagai landasan teoritis dalam proposal.
  • Biaya dan Sumber Pendanaan: Rincian mengenai anggaran yang dibutuhkan untuk penelitian, serta sumber pendanaan yang diharapkan, jika ada.

Setelah presentasi sempro dan menerima masukan dari dosen pembimbing serta penguji, langkah selanjutnya adalah melakukan revisi proposal sesuai dengan saran-saran yang diberikan.

Revisi ini harus dilakukan dengan cermat untuk memastikan bahwa proposal menjadi lebih kuat dan rinci. Setelah proposal disetujui, mahasiswa dapat melanjutkan dengan tahap pelaksanaan penelitian skripsi.

Langkah-Langkah Setelah Sempro

Langkah-langkah yang perlu dilakukan antara lain:

1. Pengumpulan Data

Mengumpulkan data sesuai dengan metode yang telah dijelaskan dalam proposal, seperti survei, wawancara, observasi, atau analisis dokumen, tergantung pada jenis penelitian yang dilakukan.

2. Analisis Data

Mengolah dan menganalisis data yang telah dikumpulkan menggunakan teknik yang telah dijelaskan dalam proposal. Hasil analisis data akan digunakan untuk menjawab rumusan masalah penelitian.

3. Penulisan Skripsi

Merinci hasil penelitian, interpretasi, dan temuan dalam bentuk tulisan skripsi yang lengkap. Skripsi harus mengikuti struktur dan format yang ditentukan oleh perguruan tinggi atau jurusan.

4. Pengujian dan Revisi

Setelah menulis skripsi, mahasiswa perlu melakukan pengujian internal terhadap kesalahan tata bahasa, gaya penulisan, dan kualitas tulisan. Setelah itu, lakukan revisi jika diperlukan.

5. Persiapan untuk Sidang Skripsi

Setelah skripsi dianggap selesai, mahasiswa harus mempersiapkan diri untuk menghadapi sidang skripsi berupa presentasi yang akan disampaikan di hadapan penguji.

6. Sidang Skripsi

Pada tahap ini, mahasiswa akan mempresentasikan hasil penelitian dan skripsinya kepada penguji. Penguji akan mengajukan pertanyaan dan memberikan penilaian terhadap skripsi dan presentasi.

7. Revisi Berdasarkan Hasil Sidang

Setelah sidang, penguji mungkin memberikan saran dan perbaikan yang perlu dilakukan. Mahasiswa harus melakukan revisi skripsi sesuai dengan masukan yang diberikan.

8. Penyerahan Skripsi

Setelah skripsi dinyatakan lulus oleh penguji, mahasiswa harus menyerahkan versi final skripsi sesuai dengan persyaratan yang berlaku di perguruan tinggi.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker