Lifestyle

7 Menu Bekal ke Tempat Kerja, Sehat dan Bikin Produktif

Di tengah rutinitas dan jadwal yang padat, kita cenderung malas untuk pergi membeli makanan. Alhasil, kita pun lebih suka nyamil untuk mengganjal perut.

Selain karena rasa malas, kadang juga harga makanan yang relatif mahal sehingga dapat menguras kantong. Padahal, makan siang sangat penting untuk tetap menjaga produktivitas ketika bekerja.

Nah, salah satu solusi yang tepat dalam mengatasi masalah ini adalah menyiapkan bekal untuk dibawa ke tempat kerja.

Dengan merencanakan menu bekal yang seimbang dan lezat, kita tidak perlu ribet lagi untuk mencari makan siang.

Rekomendasi Menu Bekal ke Tempat Kerja

Lalu, bekal ke tempat kerja seperti apa yang simpel dan menyehatkan? Berikut ini beberapa ide menu bekal sehat yang bisa dicoba.

1. Nasi atau Quinoa dengan Sayuran Tumis dan Protein

Siapkan nasi merah atau quinoa yang kaya serat sebagai dasar. Tambahkan sayuran seperti brokoli, wortel, paprika, dan jamur yang telah ditumis dengan sedikit minyak zaitun dan bumbu penyedap. Untuk protein, tambahkan ayam panggang atau tahu tempe goreng.

2. Wrap Sayuran dengan Hummus

Ambil selembar tortilla gandum utuh atau wrap sayuran. Oleskan hummus di atasnya dan tambahkan sayuran segar seperti selada, tomat, timun, dan paprika. Kita juga dapat menambahkan potongan daging rendah lemak atau tahu sebagai sumber protein.

3. Mie Instan dengan Campuran Nutrisi

Jika suka mie instan, coba tambahkan sayuran segar dan potongan daging ayam rebus untuk meningkatkan nilai nutrisinya. Hindari menggunakan terlalu banyak bumbu instan yang mengandung banyak garam.

4. Salad Protein

Buat salad dengan campuran daun hijau segar, tomat ceri, potongan telur rebus, potongan daging ayam panggang, dan irisan alpukat. Sajikan dengan saus salad rendah lemak atau vinaigrette balsamico.

5. Sup Sayuran

Siapkan sup sayuran dengan beragam sayuran seperti kubis, wortel, buncis, dan kentang. Sajikan dengan irisan roti gandum untuk menambahkan kekenyangan.

6. Nasi Kotak dengan Sushi atau Sashimi

Jika menyukai makanan Jepang, pertimbangkan untuk membawa nasi kotak dengan sushi atau sashimi. Ini adalah makanan yang ringan dan lezat yang memberikan energi tanpa membuat kita merasa terlalu kenyang.

7. Sandwich Gandum Utuh

Buat sandwich dengan roti gandum utuh, potongan daging rendah lemak seperti daging ayam panggang atau daging sapi rebus, serta lapisan sayuran seperti selada, tomat, dan bawang merah. Hindari saus berlebihan dan mayones berlemak.

Itulah beberapa menu bekal ke tempat kerja yang bisa kita terapkan sehari-hari. Perhatikan juga jumlah bekalnya. Pastikan untuk membawa bekal dengan jumlah porsi yang sesuai agar tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)