Akademis

Pengertian Hortatory Exposition, Struktur, dan Contohnya

Pengertian Hortatory Exposition

Teks hortatory exposition adalah jenis teks yang digunakan untuk meyakinkan pembaca atau pendengar tentang suatu pandangan atau tindakan yang seharusnya diambil.

Teks ini bersifat persuasif dan argumentatif karena biasanya digunakan untuk membujuk atau meyakinkan pembaca agar melakukan sesuatu atau mengikuti suatu pendapat.

Dalam teks hortatory exposition, penulis biasanya memberikan alasan-alasan dan argumen-argumen yang kuat untuk mendukung pandangan atau tindakan yang mereka ajukan.

Teks hortatory exposition sering ditemukan dalam artikel, iklan, jurnal, dan pidato dalam berbagai konteks, seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan sebagainya.

Misalnya dalam kampanye hidup sehat, maka teks hortatory exposition akan berisi argumen-argumen logis yang dapat mempengaruhi pembaca atau pendengar untuk lebih peduli terhadap kesehatannya.

Struktur hortatory exposition

Secara umum, struktur hortatory exposition terdiri dari tiga bagian, antara lain:

1. Tesis (Thesis statement)

Bagian tesis berisi pernyataan penulis mengenai apa yang ingin disampaikan kepada pembaca, yakni ajakan untuk melakukan sesuatu sesuai konteksnya.

Semisal penulis ingin membujuk pembaca untuk peduli terhadap lingkungan, maka bagian tesis biasanya berisi informasi-informasi seputar topik yang mampu membuat pembaca tertarik.

Contohnya adalah permasalahan yang terjadi terkait dengan lingkungan. Nantinya masalah-masalah tersebut akan dijabarkan dalam argumen.

2. Argumen (Arguments)

Bagian argumen berisi pendapat yang digunakan penulis untuk mendukung tesis. Pendapat atau argumen yang disertakan harus kuat dan logis, serta didukung oleh fakta-fakta yang akurat.

Dengan memberikan argumen dengan alasan yang kuat, teks akan menjadi lebih menarik dan mampu mempengaruhi pembaca.

Salah satu trik memberi argumen adalah dengan menyertakan argumen terkuat terlebih dahulu, disusul dengan argumen-argumen pendukung lainnya.

Sebab, jika argumen pertama yang disampaikan kurang menarik, maka pembaca cenderung tidak menyelesaikan teks yang dibaca.

Alhasil, informasi tidak masuk semua yang mengakibatkan penulis gagal dalam membujuk orang lain.

3. Rekomendasi (Recommendation)

Bagian ini berisi rekomendasi atau ajakan yang ditujukan kepada pembaca untuk melakukan sesuatu atau mengambil tindakan tertentu.

Setelah tesis dan argumen disampaikan, barulah rekomendasi. Tesis dan argumen adalah pembuka untuk mengenalkan masalah dan solusi kepada pembaca.

Setelah pembaca atau pendengar merasa bahwa yang disampaikan adalah fakta, barulah ditutup dengan rekomendasi atau tindakan nyata dari masalah tersebut.

Contoh Hortatory Exposition

Berikut adalah contoh teks hortatory exposition tentang kesehatan.

Pentingnya Hidup Sehat

Hidup sehat adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Sayangnya, tidak semua orang menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan.

Oleh karena itu, dalam tulisan ini, saya akan menjelaskan mengapa hidup sehat sangat penting dan memberikan beberapa saran untuk mencapainya.

Pertama-tama, hidup sehat memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita. Ketika kita menjaga pola makan yang seimbang dan berolahraga secara teratur, tubuh kita akan lebih kuat dan berenergi.

Ketika sehat, kita dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih baik, bekerja lebih produktif, dan mampu menikmati hidup bersama keluarga serta teman-teman tanpa hambatan.

Selain itu, hidup sehat juga mengurangi risiko terkena berbagai penyakit serius, seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Seperti diketahui, orang zaman sekarang sangat rentan terkena berbagai macam penyakit, tak kenal usia. Bahkan, tak sedikit balita yang sudah mengidap penyakit berbahaya.

Maka, kita yang tak pernah lepas dari ancaman penyakit hendaknya menjaga pola hidup sehat, seperti menjaga berat badan, menghindari makanan yang mengandung banyak lemak dan gula, serta berhenti merokok.

Dengan upaya-upaya tersebut kita dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit-penyakit berbahaya. Ini akan membuat kita memiliki peluang untuk hidup lebih lama dan menikmati masa tua dengan kualitas hidup yang baik.

Maka dari itu, saya ingin memberikan beberapa saran untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

Pertama, perhatikan pola makan Anda. Makanlah makanan sehat yang mengandung banyak buah, sayur, dan protein, serta hindari makanan cepat saji dan makanan tinggi gula.

Kedua, luangkan waktu untuk berolahraga secara teratur. Berjalan kaki, bersepeda, atau berenang adalah pilihan yang baik. Terakhir, hindari kebiasaan merokok dan minum alkohol berlebihan.

Dalam rangka mencapai hidup sehat, kita perlu kesadaran dan komitmen. Saat kita menjaga kesehatan, kita juga memberikan contoh yang baik bagi orang-orang di sekitar kita, seperti anak-anak dan keluarga. Oleh karena itu, mari mulai menjalani hidup sehat hari ini juga.

Jadi, mari kita ingat betapa pentingnya hidup sehat dan berusaha untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat mulai dari sekarang.

Hidup sehat adalah investasi terbaik yang dapat kita berikan kepada diri kita sendiri. Semoga kita semua bisa hidup dengan sehat dan bahagia.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker