Akademis

15 Pengertian Statistika Menurut Para Ahli

Statistika adalah cabang ilmu yang berkaitan dengan pengumpulan, analisis, interpretasi, penyajian, dan pengorganisasian data.

Tujuan utama statistika adalah untuk menyajikan data dengan cara yang dapat dipahami, mengidentifikasi pola atau tren dalam data, dan membuat kesimpulan atau prediksi berdasarkan informasi yang tersedia.

Statistika digunakan dalam berbagai bidang, termasuk ilmu sosial, ilmu ekonomi, ilmu politik, ilmu alam, kedokteran, bisnis, dan banyak lagi.

Statistik dapat membantu dalam pengambilan keputusan, pengujian hipotesis, pemodelan data, dan evaluasi hasil eksperimen atau penelitian.

Pengertian Statistika Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian statistika menurut para ahli.

1. Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc

Pengertian statistika adalah suatu pengetahuan yang berkaitan dengan metode pengumpulan data, pengolahan data, analisisnya, serta penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisisan yang dilaksanakan.

2. Anderson & Bancroft

Statistika adalah ilmu dan seni perkembangan dan metode yang paling efektif untuk pengumpulan, pentabulasian, dan interpretasi data kuantitatif sedemikian rupa, sehingga kesalahan dalam kesimpulan dan estimasi dapat diperkirakan dengan penggunaan penalaran induktif yang didasarkan pada matematik probabilitas (peluang).

3. Prof. Dr.H.Agus Irianto

Pengertian statistik adalah sekumpulan cara maupun aturan-aturan yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan (analisis), penarikan kesimpulan, atas data-data yang berbentuk angka dengan menggunakan suatu asumsi-asumsi tertentu.

4. Croxton dan Cowden

Arti statistika adalah metode untuk mengumpulkan, mengelola, menyajikan dan menginterpretasikan data yang berwujud angka.

5. Marguerrite F. Hall (1892)

Pengertian statistika menurut Marguerrite F. Hall (1892) merupakan suatu teknik yangdigunakan untuk mengumpulkan data, menganalisa data dan menyimpulkan dan mengadakan penafsiran data yang berbentuk angka.

6. Sigit Nugroho (2007)

Pengertian statistika menurut Sigit Nugroho (2007) adalah hasil-hasil pengolahan dan analisisdata. Statistik dapat berupa mean, modus, median, dan sebagainya. Statistik dapat digunakanuntuk menyatakan kesimpulan data berbentuk bilangan yang disusun dalam bentuk tabel ataudiagram yang menggambarkan karakteristik data.

7. Siregar (2004)

Atatistika adalah ilmu yang mempelajari cara-caramendeteksi suatu objek, mendeskripsikan objek, dan menganalisis setiap aspek-aspek yangmempengaruhi objek, untuk dismpulkan secara ilmiah tentang keberadaan objek, sebagai pedoman sains atau pengambilan keputusan.

8. Subana & Sudrajat (2000)

Definisi statistika menurut Sudrajat merupakan ilmu pengetahuan mengenai cara dan aturandalam hal pengumpulan data, pengolahan, analisa, penarikan keseimpulan, penyajian dan publikasi dari kata-kata yang berbentuk angka.

9. William Mendenhall

Statistika adalah salah satu bidang sains yang berhubungan denganekstrasi informasi dari sebuah data numerik dan digunakan untuk membuat keputusan darisuatu populasi darimana data itu didapatkan.

10. Somantri (2006:18)

Statistik diartikan sebagai kumpulan fakta yang berbentuk angka-angka yang disusun dalam bentuk daftar atau tabel yang menggambarkan suatu persoalan.

11. Gasperz (1989:18)

Kata statistik dipakai untuk menyatakan kumpulan fakta, umumnya berbentuk angka yang disusun dalam tabel dan atau diagram, yang menggambarkan suatu persoalan.

12. Pasaribu (1975:18)

Mengatakan ada tiga pengertian statistik, yaitu:

  1. Statistik merupakan seonggokan atau sekumpulan angka-angka yang menerangkan sesuatu, baik yang sudah tersusun di dalam daftar yang teratur atau grafik maupun belum.
  2. Statistik adalah kumpulan dari cara-cara dan aturan-aturan mengenai pengumpulan data (keterangan mengenai sesuatu), penganalisaan dan interpretasi data yang berbentuk angka-angka.
  3. Statistik adalah bilangan-bilangan yang menerangkan sifat (characteristic) dari sekumpulan data (pengamatan).

13. Furqon (1999:3)

Istilah statistik digunakan untuk menunjukkan ukuran-ukuran, angka, grafik atau tabel sebagai hasil dari statistika.

14. Modenhall

Statistik merupakan salah satu bidang sains yang berhubungan dengan ekstraksi informasi dari sebuah data numerik dan digunakan untuk membuat keputusandari suatu populasi darimana data itu didapatkan.

15. Kendall & Stuart

Statistik merupakan cabang dari metode ilmiah yang berkaitan denganpengumpulan data yang dikumpulkan dengan mengukur sifat-sifat dari populasi yang ditemukan.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker