Akademis

15 Pengertian Strategi Menurut Para Ahli

Strategi adalah rencana atau langkah-langkah yang dirancang dengan tujuan mencapai tujuan tertentu atau mengatasi masalah tertentu.

Strategi dapat digunakan dalam berbagai konteks, termasuk dalam bisnis, militer, politik, dan kehidupan sehari-hari.

Secara bahasa, kata strategi berasal dari kata Yunani, yaitu strategos atau strategeia (stratus: militer dan ag: memimpin), yang artinya seni atau ilmu untuk menjadi jenderal.

Konsep ini berkaitan dengan zaman dahulu yang penuh gejolak dan diwarnai dengan peperangan, dimana tugas jenderal adalah sebagai pemimpin untuk memenangkan peperangan.

Sementara menurut KBBI, arti strategi adalah sebagai berikut:

  • ilmu dan seni menggunakan semua sumber daya bangsa(-bangsa) untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam perang dan damai
  • ilmu dan seni memimpin bala tentara untuk menghadapi musuh dalam perang, dalam kondisi yang menguntungkan: sebagai komandan ia memang menguasai betul — seorang perwira di medan perang
  • rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus
  • tempat yang baik menurut siasat perang

Pengertian Strategi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian strategi menurut para ahli.

1. Jauch dan Glueck (2000)

Strategi adalah rencana yang disatukan, menyeluruh dan terpadu yang mengaitkan keunggulan perusahaan dengan tantangan lingkungan dan yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama perusahan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh perusahaan.

2. Clausewitz

Strategi adalah seni memenangkan perang melalui pertempuran. Strategi adalah rencana jangka panjang untuk mencapai tujuan. Strategi mencakup kegiatan utama yang diperlukan untuk mencapai tujuan.

3. Alfred Chandler

Strategi adalah penetapan sasaran dan arahan tindakan serta alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan.

4. Kenneth Andrew

Definisi strategi adalah pola sasaran, maksud atau tujuan kebijakan serta rencana.

5. Buzzel dan Gale

Strategi adalah kebijakan dan keputusan kunci yang digunakan untuk manajemen, yang memiliki dampak besar pada kinerja keuangan.

6. Stephanie K. Marrus

Strategi adalah proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai.

7. Hamel dan Prahalad

Strategi merupakan tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan.

8. Porter

Pengertian strategi adalah alat yang sangat penting untuk mencapai keunggulan bersaing.

9. Quinn (1990)

Strategi adalah pola atau rencana yang mengintegrasikan tujuan, kebijakan dan aksi utama dalam hubungan yang kohesif.

10. Anthony, Parrewe dan Kacmar (1999)

Strategi dapat didefinisikan sebagai formulasi misi dan tujuan organisasi, termasuk di dalamnya adalah rencana aksi (action plans) untuk mencapai tujuan tersebut dengan secara eksplisit mempertimbangkan kondisi persaingan dan pengaruh-pengaruh kekuatan di luar organisasi yang secara langsung atau tidak berpengaruh terhadap kelangsungan organisasi.

11. Rangkuti (1998:4)

Menyatakan bahwa strategi merupakan respon secara terus-menerus maupun adaptif terhadap peluang dan ancaman eksternal serta kekuatan dan kelemahan internal yang dapat mempengaruhi organisasi.

12. Bryson (2001:189-190)

Menjelaskan bahwa strategi dapat dipandang sebagai pola tujuan, kebijakan, progam tindakan, keputusan atau alokasi sumber daya yang mendefinisikan bagaimna organisasi itu, apa yang dilakukan dan mengapa organisasi melakukannya.

13. Morrisey

Strategi ialah proses untuk menentukan arah yang harus dituju oleh perusahaan supaya dapat tercapai segala misinya.

14. Pearce dan Robinson

Strategi adalah rencana main dari suatu perusahaan, yang mencerminkan kesadaran suatu perusahaan mengenai kapan, dimana dan bagaimana ia harus bersaing dalam menghadapi lawan dengan maksud dan tujuan tertentu.

15. Johnson dan Scholes

Strategi ialah arah dan ruang lingkup dari sebuah organisasi atau lembaga dalam jangka panjang yang mencapai keuntungan melalui konfigurasi dari sumber daya dalam lingkungan yang menantang, demi memenuhi kebuthan pasar dan suatu kepentingan.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker