Pendidikan

Doa Naik Kendaraan Laut: Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Doa naik kendaraan laut adalah doa yang dibaca ketika akan naik kapal, perahu atau kendaraan laut lainnya.

Doa ini dibaca untuk memohon keselamatan dan perlindungan dari Allah SWT selama perjalanan.

Berikut adalah bacaan doa naik kendaraan laut:

بِسْمِ اللَّهِ مَجْرِيْهَا وَمُرْسَاهَا إِنَّ رَبِّي لَغَفُوْرٌ رَحِيْمٌ

Bismillahi majreehaa wa mursaahaa inna robbi laghafoorur rohiim

Artinya:

“Dengan nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Doa ini diambil dari Al-Qur’an, Surat Hud Ayat 41. Doa ini dibaca untuk memohon perlindungan dari Allah SWT agar perjalanan berjalan lancar dan selamat sampai tujuan.

Selain doa tersebut, kita juga dapat membaca doa-doa lainnya untuk memohon keselamatan dan perlindungan dari Allah SWT. Berikut adalah beberapa doa yang dapat dibaca:

Doa memohon keselamatan

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ

Allahumma innaa nas’aluka fii safarinaa hadza al birro wat taqwa wa minal ‘amali ma tardho. Allahumma hawwin ‘alainaa safaronaa hadza, wathwi ‘anna bu’dahu. Allahumma antash shoohibu fis safar, wal kholiifatu fil ahli. Allahumma inni a’udzubika min wa’tsaa-is safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan, taqwa dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah mudahkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah bagi kami jarak yang jauh. Ya Allah, Engkau adalah rekan dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga)”

Doa memohon perlindungan

سُبْحٰنَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هٰذَا وَمَا كُنَّا لَهٗ مُقْرِنِيْنَۙ

Subhaanallazii sakhkhara lanaa haazaa wa maa kunnaa lahu muqriniin.

Artinya: “Maha suci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya.”

Semoga dengan membaca doa-doa tersebut, perjalanan kita dapat berjalan lancar dan selamat sampai tujuan.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker