Lifestyle

7 Perbedaan CT Scan dan MRI yang Perlu Diketahui

CT scan dan MRI adalah dua teknologi pencitraan medis modern yang digunakan untuk mendapatkan gambaran detail tentang bagian dalam tubuh manusia.

CT scan (Computed Tomography) menggunakan sinar-X dalam menghasilkan gambaran, sementara MRI (Magnetic Resonance Imaging) memanfaatkan medan magnet dan gelombang radio.

Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu menampilkan gambaran yang sangat terperinci tentang organ, jaringan dan tulang dalam tubuh, namun keduanya memanfaatkan prinsip yang sangat berbeda dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Apa Itu CT Scan?

CT scan adalah teknologi pencitraan medis yang menggunakan sinar X dan menggabungkan gambar horizontal untuk menghasilkan citra tiga dimensi tentang organ, tulang, dan jaringan dalam tubuh.

Gambar CT scan sangat detail untuk diagnosis berbagai macam penyakit dan kondisi medis seperti tumor, cedera trauma, dan peradangan.

CT scan memiliki beberapa kelebihan seperti waktu pemindaian yang cepat dan lebih mudah diakses daripada MRI.

Dokter juga dapat menggunakan CT scan dengan kontras untuk memperjelas gambaran bagian tubuh yang diinginkan.

Namun, CT scan memiliki beberapa kelemahan seperti terpapar radiasi yang tinggi dan dapat menyebabkan masalah kesehatan di masa depan.

Selain itu, CT scan juga tidak selalu menghasilkan gambaran yang jelas pada jaringan lunak seperti otot atau organ dalam tubuh.

Baca juga: 7 Manfaat Daun Karet Kebo untuk Kesehatan dan Kecantikan

Apa Itu MRI?

MRI adalah teknologi pencitraan medis yang menggunakan medan magnet untuk menghasilkan gambaran yang lebih detil dan presisi daripada yang bisa dihasilkan oleh CT scan.

MRI sangat penting untuk diagnosis berbagai penyakit dan kondisi medis seperti kanker, cedera saraf, dan stroke.

Keuntungan besar dari MRI adalah dapat menghasilkan gambaran jaringan lunak dan organ dalam tubuh yang sangat jelas.

Selain itu, tidak terdapat radiasi ionisasi pada MRI, sehingga resiko kesehatan pada pasien lebih rendah dibandingkan dengan CT scan.

Kekurangan utama dari MRI adalah sinyal yang dihasilkan sangat sensitif dan rentan, sehingga pasien dianjurkan untuk menghindari penggunaan perhiasan saat menjalani pemeriksaan.

MRI juga membutuhkan waktu yang lebih lama daripada CT scan, dan biaya yang lebih tinggi.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Air Purifier HEPA Filter dan Manfaatnya

Perbedaan CT Scan dan MRI

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara CT scan dan MRI:

1. Prinsip Pengambilan Gambar

CT scan menggunakan sinar X untuk mengambil gambar dalam tubuh, sedangkan MRI menggunakan medan magnet dan gelombang radio untuk mengambil gambar.

2. Kualitas Gambar

CT scan memberikan gambaran yang lebih jelas dari tulang dan jaringan keras lainnya, sedangkan MRI memberikan gambaran yang lebih jelas dari jaringan lunak seperti organ dan otot.

3. Waktu Pemindaian

CT scan membutuhkan waktu yang lebih singkat daripada MRI untuk melakukan pemindaian.

4. Radiasi

CT scan menggunakan sinar X yang dapat menyebabkan paparan radiasi, sedangkan MRI tidak menggunakan radiasi.

5. Biaya

MRI lebih mahal daripada CT scan dalam hal biaya.

6. Kendala Membawa Alat Pacu Jantung

Pada sebagian besar kasus, CT scan aman untuk dipakai pada pasien dengan alat pacu jantung, sementara MRI membutuhkan perhatian khusus dalam hal ini.

7. Efek Samping

Pada sebagian kecil kasus, CT scan dengan zat kontras dapat menyebabkan masalah pada pasien dengan penyakit ginjal, sedangkan MRI dengan kontras jauh lebih aman untuk pasien dengan penyakit ginjal.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker