Akademis

7 Contoh Karya 2 Dimensi dan Penjelasannya

Karya 2 Dimensi

Karya 2 dimensi adalah karya seni rupa yang hanya memiliki dua ukuran, yaitu panjang dan lebar.

Karya seni rupa 2 dimensi tidak memiliki dimensi ketiga, yaitu ruang. Hal ini berarti karya seni rupa 2 dimensi hanya dapat dilihat dari satu arah saja.

Ciri-ciri karya seni rupa 2 dimensi adalah sebagai berikut:

  • Hanya memiliki dua ukuran, yaitu panjang dan lebar.
  • Tidak memiliki dimensi ketiga, yaitu ruang.
  • Hanya dapat dilihat dari satu arah saja.

Contoh Karya 2 Dimensi

Berikut adalah contoh-contoh karya seni dua dimensi:

1. Lukisan Mona Lisa karyaLeonardo da Vinc

Lukisan ini adalah salah satu contoh paling terkenal dari seni dua dimensi. Dipamerkan di Louvre di Paris, lukisan ini menggunakan teknik lukis minyak pada kanvas.

2. Gambar manga Jepang

Manga adalah komik tradisional Jepang yang sering diilustrasikan dalam bentuk gambar dua dimensi. Beberapa manga yang terkenal di antaranya adalah “Naruto”, “One Piece”, dan “Dragon Ball”.

3. Poster film Casablanca

Poster ini dibuat untuk mempromosikan film klasik tahun 1942 yang berjudul sama. Poster ini menampilkan gambar dua dimensi dari dua pemeran utama, Humphrey Bogart dan Ingrid Bergman.

Artikel Terkait

4. Batik Indonesia

Batik adalah kain tradisional Indonesia yang dihiasi dengan corak atau pola menggunakan teknik lilin dan pewarna alami. Karya batik bisa berupa kain, pakaian, atau benda seni lainnya dengan motif dua dimensi yang indah.

5. Karya abstrak Piet Mondrian

Piet Mondrian adalah seorang seniman Belanda yang terkenal dengan gaya abstrak geometrisnya. Karyanya sering menggunakan garis dan bentuk sederhana dalam komposisi dua dimensi.

6. Ilustrasi dalam buku anak-anak

Buku anak-anak sering dihiasi dengan ilustrasi dua dimensi yang menarik. Misalnya, ilustrasi “The Very Hungry Caterpillar” oleh Eric Carle merupakan contoh karya seni dua dimensi yang populer.

7. Komik strip Calvin and Hobbes

Komik strip Amerika ini dibuat oleh Bill Watterson dan menggambarkan petualangan seorang anak laki-laki (Calvin) dan harimau peliharaannya (Hobbes). Komik strip ini menggunakan gambar dua dimensi dan dialog dalam ceritanya.

Itulah beberapa contoh karya seni dua dimensi yang dapat ditemui dalam berbagai bentuk dan gaya.

Karya seni dua dimensi ini dapat memberikan pengalaman visual yang memikat dan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker