Pendidikan adalah suatu proses sistematis yang melibatkan transfer pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai, dan budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya.
Proses ini mencakup serangkaian kegiatan formal dan informal yang bertujuan untuk mengembangkan potensi individu dan memberikan landasan bagi pertumbuhan dan perkembangan mereka.
Pendidikan dapat terjadi di berbagai konteks, termasuk sekolah, universitas, pelatihan profesional, dan pengalaman sehari-hari.
Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli
Berikut ini adalah beberapa pengertian pendidikan menurut para ahli.
1. Ki Hajar Dewantara
Pengertian pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara adalah proses menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak peserta didik, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.
2. Prof. Dr. M.J Langeveld
Pengertian pendidikan ialah pemberian bimbingan dan bantuan rohani bagi yang masih memerlukannya.
3. Crow and crow
Definisi pendidikan dalah proses yang berisi berbagai macam kegiatan yang cocok bagi individu untuk kehidupan sosialnya dan membantu meneruskan adat dan budaya serta kelembagaan sosial dari generasi kegenerasi.
4. Prof. Zaharai Idris
Pendidikan ialah serangkaian kegiatan komunikasi yang bertujuan, antara manusia dewasa dengan si anak didik secara tatap muka atau dengan menggunakan media dalam rangka memberikan bantuan terhadap perkembangan anak seutuhnya.
5. H. Horne
Pendidikan adalah proses yang di lakukan terus menerus dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada tuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.
6. Ahmad D. Marimba
Pendidikan adalah bimbingan atau bimbingan secara sadar oleh pendidik terdapat perkembangan jasmani dan rohani terdidik menuju terbentuknya keperibadian yang utama.
7. Stella Van Petten Henderson
Arti pendidikan adalah kombinasi pertumbuhan, perkembangan diri dan warisan sosial.
8. Carter V. Good
Pendidikan adalah proses perkembangan kecakapan individu dalam sikap dan perilaku bermasyarakat. Proses sosial dimana seseorang dipengaruhi oleh suatu lingkungan yang terorganisir, seperti rumah atau sekolah, sehingga dapat mencapai perkembangan diri dan kecakapan sosial.
9. Menurut UU No. 20 tahun 2003
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.
10. Driyarkara (1980: 66-67)
Ilmu pendidikan adalah pemikiran ilmiah, yakni pemikiran yang bersifat kritis, memiliki metode, dan tersusun secara sistematis tentang pendidikan.