Akademis

Indonesia Memiliki Lahan yang Luas dan Subur Sehingga Indonesia Disebut Sebagai Negara?

Indonesia memiliki lahan yang luas dan subur sehingga indonesia disebut sebagai negara agraris.

Pembahasan:

Negara agraris adalah negara yang ekonominya didominasi oleh sektor pertanian. Artinya sebagian besar penduduknya bekerja di bidang pertanian dan sebagian besar kegiatan ekonominya terkait dengan produksi serta distribusi produk pertanian.

Pertanian dapat mencakup berbagai jenis kegiatan, seperti tanaman pangan, perkebunan, peternakan, dan kehutanan.

Negara agraris memiliki lanskap geografis dan iklim yang mendukung kegiatan pertanian yang subur. Selain itu, struktur sosial dan ekonomi negara agraris cenderung sangat tergantung pada keberhasilan sektor pertanian.

Meskipun negara agraris memiliki keunggulan dalam produksi pertanian, banyak juga yang berusaha untuk melakukan diversifikasi ekonomi dengan mengembangkan sektor industri dan jasa guna mengurangi ketergantungan pada pertanian.

Hal ini karena pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan cenderung memerlukan keragaman sumber pendapatan dan kegiatan ekonomi.

Indonesia adalah negara agraris, artinya sebagian besar ekonominya bergantung pada sektor pertanian.

Meskipun ekonominya telah berkembang dan melibatkan sektor-sektor lainnya, pertanian masih memiliki peran penting dalam menyokong mata pencaharian sebagian besar penduduk Indonesia.

Pertanian di Indonesia melibatkan berbagai jenis tanaman seperti padi, kelapa sawit, karet, teh, kopi, dan masih banyak lagi. Selain itu, sektor peternakan juga memainkan peran penting dalam ekonomi pertanian Indonesia.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)