Apa Kegiatan/Programnya? Siapa yang Memprakarsai atau Menggagas Program Tersebut?

Artikel ini akan membahas mulai dari Modul 3.3 tentang peran Guru Penggerak dalam pengelolaan program yang memberikan dampak positif pada murid.

Dalam kurikulum Guru Penggerak, terdapat topik yang membicarakan program yang memiliki dampak pada kemajuan murid.

Kita bisa melakukan refleksi dan memberikan jawaban terhadap pertanyaan yang telah disiapkan. Berikut contoh jawabannya.

1. Apa kegiatan/programnya?
Kegiatan/program esktrakurikuler teater yang dilakukan di sekolah.

2. Siapa yang memprakarsai atau menggagas program tersebut?
Program tersebut digagas oleh kepala sekolah bersama dengan para wali kelas dan wali murid.

3. Berperan sebagai apa ibu/bapak saat itu?
Saya bersama guru seni erperan sebagai pelatih sekaligus pengawas dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler teater.

4. Bagaimana perasaan ibu/bapak saat itu?
Perasaan saya saat itu dipenuhi dengan tantangan karena cukup sulit melatih ekspresi dan penjiwaan murid.

5. Mengapa pengalaman tersebut berkesan untuk ibu/bapak?
Pengalaman itu cukup berkesan karena melalui berbagai proses yang penuh perjuangan.

6. Apa pembelajaran yang ibu/bapak ambil dari kegiatan/ program tersebut?
Dari kegiatan tersebut, saya belajar tentang pentingnya mengelola emosi ketika murid tidak mau mendengarkan arahan pelatih/pengawas.

7. Bagaimana pengalaman tersebut berdampak pada ibu/bapak sekarang?
Pengalaman itu membuat saya jadi lebih sabar serta menjadikan saya sangat mampu bekerja sama dalam sebuah tim.

8. Apakah berdampak positif atau negatif?
Dampaknya sangat positif karena memberikan pengalaman baru bagi semua pihak yang terlibat, juga mampu memberikan kontribusi positif bagi perkembangan siswa.

Previous Post Next Post