Penilaian sumatif adalah penilaian yang bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran atau Capaian Pembelajaran (CP) murid, sebagai dasar penentuan kenaikan kelas atau kelulusan dari satuan pendidikan.
Penilaian pencapaian hasil belajar siswa dilakukan melalui perbandingan antara hasil belajar siswa dengan kriteria pencapaian tujuan pembelajaran.
Sederhananya, penilaian sumatif adalah jenis penilaian yang dilakukan untuk mengevaluasi hasil akhir atau pencapaian keseluruhan siswa pada suatu periode pembelajaran tertentu.
Penilaian ini memberikan gambaran tentang sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran dan kemampuan yang diharapkan pada akhir suatu periode, seperti semester atau tahun ajaran.
Perbedaan Penilaian Sumatif dan Formatif
Adapun perbedaan penilaian sumatif dan formatif adalah sebagai berikut:
1. Waktu Pelaksanaan
Penilaian formatif umumnya dilaksanakan selama unit, bab, atau kompetensi sedang berlangsung, baik di awal maupun sepanjang proses pembelajaran.
Sementara itu, penilaian sumatif dilakukan pada tahap akhir pembelajaran.
2. Tujuan Penilaian
Penilaian formatif ditujukan untuk memahami perkembangan penguasaan siswa terhadap suatu unit/bab/kompetensi yang sedang dipelajari.
Sebaliknya, penilaian sumatif bertujuan untuk mengevaluasi pencapaian siswa setelah menyelesaikan pembelajaran pada suatu unit/bab/kompetensi.
3. Output
Hasil akhir dari penilaian formatif berfungsi sebagai landasan untuk meningkatkan proses pembelajaran suatu unit/bab/kompetensi yang sedang dipelajari, sehingga peserta didik dapat mencapai penguasaan yang optimal.
Di sisi lain, hasil akhir dari penilaian sumatif berperan sebagai bukti terkait pemahaman yang telah dikuasai oleh siswa.
4. Hasil penilaian
Hasil penilaian formatif tidak digunakan untuk menetapkan nilai rapor, keputusan kenaikan kelas, kelulusan, atau keputusan penting lainnya. Sebaliknya, penilaian sumatif digunakan untuk menentukan aspek-aspek tersebut.
Itulah perbedaan dasar antara penilaian formatif dan penilaian sumatif.
Dalam Kurikulum Merdeka, guru diharapkan lebih memprioritaskan penilaian formatif untuk mendapatkan umpan balik dan memantau perkembangan murid.
Meskipun begitu, penilaian sumatif tetap diterapkan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran.