Pendidikan

Penyambutan Awardee IISMA Tahap Terakhir Tahun 2023 oleh Kemendikbudristek

Sejumlah 451 penerima manfaat beasiswa Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) telah kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi di luar negeri selama satu semester.

Setelah berhasil mengirimkan awardee ke berbagai belahan dunia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali mengadakan penyambutan kepulangan penerima manfaat beasiswa IISMA tahap ketujuh.

Acara ini juga menandai berakhirnya kepulangan peserta program IISMA tahun 2023. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring pada Kamis (29/2/2024) untuk menyambut awardee dari kawasan Asia, Eropa, Amerika, dan Inggris-Irlandia.

Direktur Akademisi Pendidikan Tinggi Vokasi, Benny Bandanadjaja, dan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Suning Kusumawardani, juga ikut hadir dalam penyambutan para awardee.

Selain itu, kegiatan ini dihadiri oleh tim program IISMA, perwakilan perguruan tinggi asal, dan orang tua awardee yang turut menyambut kepulangan para putra-putri terbaik bangsa.

Dengan hangat, Direktur Benny menyambut kepulangan awardee IISMA ke Indonesia. Ia menyampaikan pesan moral dan memberikan dorongan kepada para awardee yang telah menyelesaikan program IISMA agar terus mengambil inisiatif dan aktif terlibat dalam kehidupan kampus dan masyarakat.

“Setelah mengikuti program IISMA, kami berharap para alumni program ini memiliki keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang lebih baik sebelum terjun ke dunia kerja,” kata Beny.

Selanjutnya, Benny juga mengungkapkan apresiasinya terhadap kerja keras dan dukungan yang diberikan oleh dosen dan Kantor Urusan Internasional (KUI) dari perguruan tinggi asal mahasiswa.

Mereka telah membimbing dan memberikan semangat kepada mahasiswa yang kini telah kembali ke Indonesia dengan wawasan global yang luas.

Rachmat Sriwijaya, Kepala Program IISMA 2024, juga dengan gembira menyambut kepulangan awardee IISMA.

Dalam sambutannya, Rachmat menyampaikan bahwa partisipasi kampus mitra program IISMA terus bertambah setiap tahunnya.

“Setiap tahun program ini selalu berkembang. Pada saat tahun 2023 ada 126 kampus mitra luar negeri dari 26 negara, pada tahun 2024 ini bertambah menjadi 177 kampus dari 30 negara,” ujar Rachmat.

Salah satu mitra host university untuk program sarjana IISMA, yakni Univerzita Palackého v Olomouci, Republik Ceko, memberikan kesaksiannya dalam acara penyambutan pulang para awardee IISMA ini.

Dalam perwakilannya oleh Wakil Dekan Bidang Urusan Luar Negeri, Pavlína Flajšarová menyatakan rasa bangganya sebagai tuan rumah dalam program IISMA.

Pavlína menekankan bahwa mahasiswa IISMA dianggap sebagai aset berharga yang membentuk komunitas berharga di Univerzita Palackého v Olomouci.

“Kami percaya bahwa kerja sama ini akan menghasilkan manfaat yang baik, serta semoga Univerzita Palackého v Olomouci dapat terus melanjutkan kerja sama dengan program IISMA di masa mendatang,” ucap Pavlina.

Di akhir acara, Student Representative (SR) dari program sarjana IISMA, yang diwakili oleh Annisa sebagai SR dari Keio University, Jepang, menyampaikan laporan mengenai hasil pembelajaran para awardee selama masa studi di luar negeri, baik yang berkaitan dengan pembelajaran akademik maupun non-akademik.

“IISMA adalah suatu kesempatan yang sangat istimewa dan luar biasa, kami para awardee telah diberi kesempatan untuk berangkat ke luar negeri tidak hanya menempuh pendidikan, tapi juga kami berkesempatan mengenalkan budaya Indonesia, komunitas-komunitas kami di host university masing-masing,” ujar Annisa.

Sumber: Kemdikbud

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker