14 Maret Memperingati Hari Apa? Cari Tahu di Sini

Hari peringatan adalah tanggal yang ditetapkan untuk memperingati peristiwa penting atau memberikan penghormatan kepada seseorang atau kelompok tertentu.

Hari peringatan dapat memiliki cakupan nasional, regional, atau internasional. Lantas, 14 Maret memperingati hari apa?

Baca juga: 13 Maret Memperingati Hari Apa? Cari Tahu di Sini

1. Hari Matematika Internasional (International Day of Mathematics)

Perayaan global tahunan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari dan pendidikan di seluruh dunia.

Berbagai kegiatan diadakan untuk merayakannya, seperti kompetisi matematika, seminar, dan pameran.

Hari Matematika Internasional diproklamirkan oleh UNESCO pada November 2019 dan pertama kali dirayakan pada 14 Maret 2020.

Menurut informasi yang dihimpun, tanggal 14 Maret dipilih karena merupakan representasi dari konstanta matematika pi (π), yang nilainya dibulatkan menjadi 3,14.

Berbagai kegiatan diadakan di seluruh dunia untuk merayakan Hari Matematika Internasional, seperti Seminar dan lokakarya tentang matematika, Pameran dan kompetisi matematika.

2. White Day (Hari Putih)

White Day merupakan hari balasan dari Hari Valentine (14 Februari) yang dirayakan di beberapa negara Asia Timur seperti Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan.

Pada hari ini, biasanya pihak yang menerima hadiah pada Hari Valentine akan memberikan balasan berupa hadiah kepada pihak pemberi.

Hadiah yang diberikan umumnya berwarna putih, seperti permen putih (terutama marshmallow), cokelat putih, dan perhiasan atau barang berwarna putih.

Asal mula White Day tidak sejelas Valentine. Diperkirakan dimulai pada tahun 1960an oleh perusahaan permen di Jepang yang memasarkan marshmallow sebagai hadiah balasan untuk pria pada 14 Maret.

Nama dan tanggal perayaan awalnya bervariasi, namun Asosiasi Industri Manisan Nasional Jepang kemudian menetapkannya sebagai White Day pada tahun 1980.

Previous Post Next Post