Akademis

Sejarah menjadi suatu pengetahuan yang penting dalam kehidupan suatu bangsa atau suatu negara

Sejarah menjadi suatu pengetahuan yang penting dalam kehidupan suatu bangsa atau suatu negara.

Melalui pelajaran sejarah akan mendapat gambaran tentang kehidupan masyarakat di masa lampau atau mengetahui peristiwa peristiwa yang terjadi di masa lampau.

Dari deskripsi tersebut menunjukan bahwa peristiwa sejarah merupakan suatu peristiwa penting, karena…

A. peristiwanya tidak dapat berubah oleh perkembangan jaman
B. peristiwa yang terjadi tetap dikenang sepanjang masa
C. dalam kehidupan peristiwanya hanya terjadi satu kali saja
D. mempunyai arti dalam menentukan kehidupan orang banyak
E. peristiwa yang telah terjadi tidak mungkin terulang kembali

Baca juga: Bentuk cerita sejarah yang bertujuan merangsang daya khayal pembaca adalah?

Jawaban:

D. mempunyai arti dalam menentukan kehidupan orang banyak

Pembahasan:

Alasan mengapa peristiwa sejarah merupakan suatu peristiwa penting adalah karena peristiwa tersebut memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan manusia, baik pada masa lampau, masa sekarang, maupun masa depan. Berikut beberapa penjelasannya:

1. Pengaruh terhadap kehidupan manusia

Peristiwa sejarah dapat memberikan pelajaran dan contoh tentang bagaimana manusia mengatasi berbagai tantangan dan rintangan dalam kehidupan.

Contohnya, peristiwa perjuangan kemerdekaan Indonesia memberikan pelajaran tentang semangat persatuan dan perjuangan bangsa dalam meraih kemerdekaan.

2. Membentuk identitas dan budaya

Peristiwa sejarah membantu membentuk identitas dan budaya suatu bangsa. Contohnya peristiwa Sumpah Pemuda membantu membentuk identitas nasional bangsa Indonesia.

3. Mendorong kemajuan dan perkembangan

Peristiwa sejarah dapat mendorong kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Contohnya Revolusi Industri di Inggris mendorong kemajuan teknologi dan ekonomi di seluruh dunia.

4. Menjadi dasar kebijakan dan keputusan

Pemahaman tentang peristiwa sejarah dapat menjadi dasar untuk membuat kebijakan dan keputusan yang lebih baik di masa depan.

Contohnya mempelajari sejarah perang dapat membantu pemerintah dalam merumuskan strategi pertahanan negara.

5. Memperkuat rasa cinta tanah air

Mempelajari sejarah dapat memperkuat rasa cinta tanah air dan nasionalisme.

Contohnya mempelajari sejarah perjuangan pahlawan nasional dapat menumbuhkan rasa bangga dan semangat untuk menjaga keutuhan bangsa.

Baca juga: Struktur yang Membangun Sebuah Teks Cerita Sejarah Yaitu?

Fungsi Cerita Sejarah

Cerita sejarah bukan sekadar kumpulan kisah usang dari masa lampau. Di balik narasi dan peristiwa yang terukir dalam lembaran sejarah, terkandung segudang manfaat yang tak ternilai.

1. Fungsi Rekreatif

Cerita sejarah membuka gerbang menuju dunia baru. Membaca kisah-kisah masa lampau membawa kita ke era yang berbeda, merasakan denyut kehidupan di masa lampau, dan membangkitkan imajinasi untuk menjelajahi dunia yang penuh petualangan.

Ketegangan pertempuran, gemerlap kerajaan kuno, dan perjuangan para pahlawan dapat membangkitkan rasa penasaran dan membawa kita pada pengalaman imersif yang tak terlupakan.

2. Fungsi Edukatif

Cerita sejarah bukan sekadar narasi tentang masa lalu, tetapi juga gudang ilmu pengetahuan dan nilai-nilai luhur.

Kisah-kisah inspiratif dari para pemimpin, kegigihan rakyat dalam menghadapi kesulitan, dan pelajaran moral dari peristiwa sejarah dapat menjadi sumber pembelajaran berharga bagi generasi sekarang.

Cerita sejarah menuntun kita untuk memahami asal-usul bangsa, menumbuhkan rasa cinta tanah air, dan mendorong kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca juga: Konsep waktu dalam sejarah mencakup 4 hal yaitu?

3. Fungsi Instruktif

Cerita sejarah bukan hanya tentang masa lampau, tetapi juga memiliki pengaruh besar pada masa depan.

Peristiwa sejarah dapat menjadi pedoman bagi para pemimpin dan masyarakat dalam mengambil keputusan dan membangun masa depan yang lebih baik.

Dengan mempelajari sejarah, kita dapat memahami bagaimana kebijakan dan peraturan di masa lalu telah membentuk dunia yang kita tinggali saat ini.

Cerita sejarah memberikan pelajaran berharga tentang bagaimana mengatasi krisis, membangun peradaban yang maju, dan menciptakan masa depan yang lebih cerah.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)